12 Jun 2020, 22:34Penyakit Lainnya

Apa penyebab perut membesar pada orang tua?

GG
Info Penanya: GG0
Dok, ayah saya perutnya besar dan keras seperti ibu hamil, padahal ayah saya tidak terlalu gemuk. Kadang ayah saya jadi susah napas. Penyebabnya apa ya, dok?
17242 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang GG,Perut yang membesar atau menjadi buncit adalah hal yang bisa terjadi baik karena kondisi yang tidak berbahaya sampai bisa disebabkan oleh hal yang perlu penanganan lebih lanjut.Penyebab perut membesar pada orangtua sendiri bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti diantarnaya adalah:
  • Penumpukan lemak akibat perubahan hormon dan penuaan
  • Gaya hidup yang kurang baik misalnya sedentary lifestyle dimana lebih banyak duduk dan kurang aktivitas fisik
  • Kegemukan atau obesitas
  • Mengalami asites atau adanya penumpukan cairan di perut
  • Masalah pola makan dan asupan makan
  • Peradangan usus kronis
  • Pembesaran organ di dalam rongga perut
Apabila perut tampak besar dan terjadi gejala lain seperti sesak napas, kaki bengkak, nyeri perut, mual, muntah, mata tampak kuning maka perlu diwaspadai adanya sejumlah masalah kesehatan yang menyebabkannya.Beberapa masalah kesehatan yang perlu diwaspadai adalah asites akibat gangguan liver, sindrom metabolik atau kumpulan masalah metabolisme yang ditandai adanya diabetes, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol atau trigliserida tinggi, obesitas atau kegemukan, dan sejumlah masalah lain.Sesak yang terjadi sendiri bisa karena adanya penumpukan cairan di rongga perut dan organ sekitarnya, metabolisme tubuh yang terganggu, terbatasnya kemampuan gerak otot pernapasan, ataupun karena masalah pada organ-organ tubuh yang terlibat.Untuk itu ada baiknya bisa mengantarkan ayah Anda memeriksakan diri pada dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan kondisinya. Jika sesak memberat segera bawa ke IGD rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.Upayakan agar nantinya bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga asupan makan, mengelola penyakit yang diderita agar terkontrol, tetap aktif bergerak dan juga menghindari kebiasaan kurang baik yang dapat menimbulkan risiko terjadinya komplikasi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakit metaboliksindrom metabolikperutasites
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil