Apa penyebab persendian ngilu setelah makan bayam?

UA Info Penanya: UA, Wanita
Mau tanya dok.. kemarin saya makan sayur bayam yg lebih dr 5 jam.. sekarang persendian saya ngilu semua.. apa obatnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang UA,

Persendian yang ngilu bisa timbul karena beragam hal mulai dari peradangan pada sendi seperti akibat asam urat, pengapuran, ataupun gangguan sendi karena penyakit autoimun, trauma, cedera sendi, infeksi sendi dan penyebab lainnya. 

Konsumsi bayam yang sudah lama dimasak sendiri memang bisa menimbulkan masalah kesehatan dimana pada bayam yang sudah lama dipetik dan dimasak bisa menimbulkan oksidasi dan reduksi pada kandungan bayam yang bisa menghasilkan nitrit yang bisa berbahay bagi tubuh. Meskipun demikian tidak ada patokan pasti berapa lama zat tersebut timbul karena bisa dipengaruhi oleh faktor pemanasan dan berapa lama bayam dimasak.

Sedangkan pengaruh pada persendian sendiri juga bisa timbul bukan karena berapa lama bayam sudah dimasak tetapi bisa juga karena konsumsi bayam itu sendiri dimana bayam merupakan sayuran dengan kandungan purin tinggi yang bisa meningkatkan asam urat tetapi hal ini perlu diperiksakan untuk menilai apa yang menjadi pemicu keluhan sendi. Untuk mengatasi keluhan sendir sendiri bisa dilakukan kompres pada bagian yang nyeri dengan kompres dingin, istirahatkan sendi, dan juga mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol dan segera periksakan jika timbul peradangan seperti pembengkakan, nyeri, kemerahan dan sulit menggerakan sendi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tingginya kadar asam urat memang dapat menyebabkan peradangan sendi akut

Ringankan Gejala Asam Urat dengan Cara Alami

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah seperti randang sendi, bengkak, dan nyeri di persendian. Sebelum pergi ke dokter, Anda dapat mengobati asam urat di rumah untuk meringankan gejalanya, seperti mengompres dengan es batu, istirahatkan sendi, dan minum air putih.