Apa hubungan penyakit gondok dengan kehamilan?

NB Info Penanya: NB, Wanita, 29 Tahun
Mohon informasinya dokter. teman saya sehabis melahirkan 2 hari setelahnya muncul benjolan di leher sebelah kanan seperti gondokan. yang ingin saya tanyakan, apa ini hal yang wajar? apakah penyebabnya? dan bagaimana cara mengobatinya? terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Penyakit gondok adalah kondisi penyakit pembesaran kelenjar tiroid yang menyebabkan munculnya benjolan di leher.  Penyebab penyakit gondok yang sering terjadi adalah kekurangan yodium, makanan (kacang kedelai, bayam, tahu), penyakit Graves, penyakit Hashimoto, kanker tiroid, kehamilan, merokok. Faktor risiko yang bisa meningkatkan timbulnya penyakit gondok adalah wanita, mengonsumsi obat lithium, pernah menjalani radioterapi pada area leher, mengalami penyakit autoimun, dan sedang mengalami masa puber atau menopause.

Pada wanita yang sedang hamil, kadar hormon HCG (human chorionic gonadotropin) yang tinggi di dalam tubuh dapat menimbulkan pembesaran kelenjar tiroid. Bukan hanya karena itu saja, saat hamil, sistem imun seorang wanita akan menyesuaikan diri dengan bayi yang di dalam kandungannya. Sehingga penyesuaian imunologis ini sering menyebabkan leher membesar.

Untuk itu, jika sudah terjadi penyakit gondok, harus segera diobati dengan cara:

  • Pemberian obat-obatan untuk penyakit gondok dengan kadar hormon tiroid yang rendah
  • Obat antitiroid
  • Operasi pengangkatan tiroid
  • Terapi nuklir tiroid

Pengobatan diatas harus Anda dapatkan lewat konsultasi langsung dengan dokter penyakit dalam. Untuk itu, saya sarankan agar teman Anda memeriksakan diri kembali ke dokter agar dapat ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah gangguan yang kerap terjadi pada ibu hamil

Berikut Penyebab Tekanan Darah Rendah Selama Kehamilan

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi normal pada 24 minggu pertama kehamilan dan tidak menyebabkan masalah. Namun, jika tekanan darah normal kurang dari 120/80 mmHg dapat menyebabkan pusing, mual, hingga pingsan.