Apa penyebab panas 3 hari dan kencing darah?

DA Info Penanya: DA
Dok, saya sakit panas 3 hari, kemarin sudah sembuh. Hari ini saya pipis ada keluar darah seperti haid, tapi tidak banyak. Kenapa ya dok? untuk infonya saya terakhir haid 13Nov lalu. Terima kasih sebelumnya, mohon dijawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DA,

Panas atau demam adalah tanda tubuh mengalami perlawanan terhadap adanya gangguan misalnya karena infeksi. Hal ini ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat hingga lebih dari 37,5 derajat celcius. 

Keluarnya urine bercampur darah sendiri bisa menjadi salah satu pemicu demam dimana mungkin disebabkan oleh adanya infeksi saluran kemih, gangguan kandung kemih ataupun gangguan pada ginjal. Untuk itu apabila sudah 3 hari demam dan ada perubahan warna urine atau bercampur darah, perhatikan juga gejala lain yang timbul seperti rasa nyeri saat buang air kecil, anyang-anyangan, nyeri perut ataupun rasa tidak nyaman di perut bawah. Kondisi ini perlu dipastikan penyebabnya salah satunya akan dilakukan pemeriksaan urine. 

Selain itu bisa juga terjadi dua kejadian bersamaan misalnya demam karena infeksi lain seperti infeksi saluran napas, lalu terjadi juga infeksi saluran kemih sehingga keluhan bisa beragam. Perhatikan juga obat yang dikonsumsi agar diinformasikan pada dokter agar membantu dokter menentukan penyebabnya. Perbanyak minum air putih, hindari menahan keinginan berkemih, dan konsumsi pereda demam jika diperlukan untuk sementara. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandung kemih dapat mengalami berbagai penyakit, mulai dari infeksi, hingga kanker

10 Penyakit pada Kandung Kemih yang Harus Diwaspadai

Seperti organ lainnya, kandung kemih dapat mengalami beberapa masalah yang mengganggu fungsi normalnya. Penyakit kandung kemih yang umum terjadi adalah infeksi kandung kemih hingga kanker kandung kemih.