Apa penyebab nyeri lutut ?

RR Info Penanya: RR, Pria, 19 Tahun
dokter, saya mau bertanya, lulut saya sakit setelah main trampolin dengan anak saya, ini terjadi saat saya menahan berat badan saya saat mau melompat tapi saya tahan. Sampai sekarang lutut saya sakit terutama saat baru bangun tidur. Juga sakit saat bangun dari berdiri saat shalat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RR.

Lutut merupakan sendi terbesar dari sendi tubuh lainnya. Sendi ini terletak di antara sendi ankle dan sendi hip yang berperan sebagai stabilisator dan penggerak. Lutut sendiri terdiri dari tulang dan tulang rawan, membran sinovium, meniscus, saraf, otot, ligamen dan pembuluh darah. Semua gangguan yang terjadi pada jaringan-jaringan tersebut dapat menimbulkan nyeri. 

Nyeri lutut yang anda keluhkan penyebabnya bisa karena trauma atau penyakit rematik (osteoarthritis, rhematoid arthritis, gout). Untuk memastikan penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dari anamnesa (tanya-jawab) ulang, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Sebaiknya anda ke dokter spesialis orthopedi agar dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Untuk pengobatannya, jika disebabkan oleh trauma pada jaringan-jaringan di sekitar sendi, tindakannya tergantung diagnosa berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Sementara untuk rematik, hingga sekarang belum ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan penyakit rematik, kecuali penyakit rematik yang disebabkan oleh infeksi. Obat yang tersedia hanya mengatasi gejala penyakitnya (analgetik/penghilang nyeri, steroid). Pengobatan selain obat-obatan antara lain pemberian suplemen, istirahatkan sendi yang sakit namun tetap harus digerakan untuk cegah kekakuan, rehabilitasi (fisioterapi), mengurangi berat badan jika berat berlebih.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita ankylosing spondylitis berisiko tinggi mengalami patah tulang sehingga membutuhkan vitamin D

Vitamin untuk Tulang dan Sendi Bagi Penderita Ankylosing Spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah kondisi tulang belakang dan sendi yang rapuh dan rentan patah. Penderita ankylosing spondylitis membutuhkan vitamin D dan vitamin B12 untuk menjaga kepadatan tulang.