Apa penyebab nyeri dada kiri ?

DS Info Penanya: DS, Pria, 19 Tahun
Kenapa ya dada bagian kiri saya terasa sakit terkadang pas ketika posisi dungkuk ke depan terasa sakit yg sangat perih sperty di tusuk jarum hingga pundak kiri saya penyebab nya knapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DS.

Nyeri dada kiri seperti yang anda keluhkan bisa disebabkan karena adanya masalah pada jantung, paru, saluran pencernaan, muskuloskeletal (tulang dan otot), dan psikosomatik.

Beberapa penyebab nyeri dada kiri, antara lain:
1. Jantung, seperti penyakit jantung koroner, perikarditis.
2. Saluran pencernaan, misalnya syndrome dispepsia, gastroesophageal reflux disease (GERD), ulkus peptikum.
3. Paru, seperti emboli paru, pleuritis
4. Muskuloskeletal, seperti costocondritis, fibromialgia, trauma
5. Psikosomatik, seperti gangguan cemas, serangan panik.

Mengingat penyebab nyeri dada kiri sangatlah beragam, sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut. Agar pengobatannya tepat, dokter akan melakukan anamnesis (tanya-jawab) lebih lanjut seperti sejak kapan keluhan timbul, berapa lama keluhan berlangsung, penjalaran nyerinya, ada faktor pemicu, trauma, ada keluhan tambahan seperti keringat dingin, berdebar-debar, batuk, demam, mual atau muntah, memeriksa tanda vital anda (tekanan darah, nadi, laju napas), di dengar suara napas dan jantung, pemeriksaan abdomen (perut) dan beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), rontgen thorax, dan laboratorium sesuai indikasi.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit pneumonia menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang dan mengakibatkan kematian pada anak di bawah usia 5 tahun.

Mengenal Penyakit Pneumonia, Seberbahaya Apa Kondisi Ini?

Penyakit pneumonia adalah kondisi yang tidak boleh disepelekan. Ada beberapa komplikasi mengerikan yang bisa timbul, dan menyebabkan kematian. Sejauh mana bahaya penyakit pneumonia?