Apa penyebab sendawa?

NB Info Penanya: NB, Wanita
Salam dokter, saya susi usia 23 tahun. Saya sering sendawa dan merasa nyeri dada sampai ke tangan. Kasus saya ini gejala apa ya dok dan gimana pengobatannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sendawa adalah suatu kondisi dimana lambung ikut terisi udara yang masuk dari mulut dan itu merupakan hal yang wajar terjadi. Sendawa biasanya timbul setelah makan atau minum terlalu cepat. Dan ini hanyalah sementara. Jika sendawa muncul terus menerus, berarti terjadi sesuatu di dalam tubuh Anda.

Penyebab terjadinya sendawa yang terus menerus antara lain:
  • Aerophagia. Nama lainnya adalah makan angin. Kondisi ini cenderung tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya.
  • Konsumsi makanan atau obat tertentu. Biasanya jika mengonsumsi makanan yang tinggi pati, serat, dan gula dapat memicu sendawa berlebih. Seperti buah pisang, brokoli, kembang kol, kacang-kacangan, dll. Serta obat-obatan seperti obat pencahar, obat diabetes, dan obat anti nyeri juga menimbulkan sendawa.
  • GERD. Kondisi naiknya asam kambung ke kerongkongan dapat menimbulkan sendawa serta bisa juga menimbulkan nyeri dada.
  • Luka lambung. Penyakit ini juga sama kondisinya dengan GERD. Jika terlalu kenyang atau kembung, dapat menimbulkan sendawa.
  • Gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa menyebabkan sendawa yang sering, nyeri dada dan sensasi panas di dada, mual muntah.
  • Infeksi bakteri Pylori.
  • Irritable bowel syndrome atau lebih dikenal dengan sindrom iritasi usus besar.

Nyeri dada yang Anda rasakan bisa jadi karena pengaruh dari sendawa yang terlalu sering atau  bisa karena adanya gangguan pada sistem pencernaan Anda. Untuk mengatasi keluhan Anda ini, Anda bisa melakukan gerakan berbaring miring ke kanan, mendekatkan posisi lutut ke dada, hindari makan atau minum terlalu cepat, hindari makanan yang menyebabkan sendawa, dan hindari minuman yang berkarbonasi. Jika cara diatas sudah Anda lakukan dan tidak ada perubahan, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa lebih lanjut dan ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala asal lambung naik yang paling umum terjadi adalah heartburn

Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik agar Bisa Diatasi dengan Tepat

Gejala asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa ringan dan parah. Mulai dari heartburn, mulut terasa asam, rasa pahit di belakang mulut, kesulitan menelan, hingga batuk-batuk. Meski tidak bisa disembuhkan, GERD bisa dikendalikan agar tak terus mengganggu penderitanya.