22 Sep 2021, 19:14Kandungan

Apa penyebab muntah kuning saat hamil?

S
Info Penanya: S0
Dok, saya hamil satu bulan dan sedang mengalami mual hebat bahkan terkadang mual saya berwarna kuning. Apa penyebab dari mual kuning saat hamil? Apakah ada penyakit lain dari kondisi ini? Bagaimana cara mengatasinya, dok? Terima kasih penjelasannya dok
41 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Mual dan muntah berwarna kuning baik saat hamil maupun tidak, dapat disebabkan oleh peningkatan hormon maupun asam lambung. Pada ibu hamil, peningkatan asam lambung adalah hal yang umum terjadi dan disebut juga GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). GERD dapat diserati keluhan kembung, nyeri atau panas dari ulu hati hingga ke tenggorokan, dan juga rasa asam atau pahit di mulut.

Penyebab muntah kuning pada ibu hamil

Muntah merupakan kondisi dimana seseorang mengeluarkan isi dari dalam perut (lambung), jika yang keluar bukan makanan melainkan cairan saja, artinya kondisi perut sudah terlalu lama kosong. Untuk mengatasi keluhan ini, Anda dapat mengkonsumsi obat lambung yaitu antasida 3x sehari sebelum makan, dan juga konsumsi air mineral yang bersifat alkali atau ber-pH 8. 

Cara mengatasi muntah kuning saat hamil

Pastikan Anda cukup minum untuk menganti kebutuhan cairan Anda yang hilang setelah muntah, siapkan makanan kecil jika perut sudah kosong selama 3jam atau lebih, dan hindari mengonsumsi makanan yang bersifat pedas, asam, berlemak, maupun terlalu berminyak karena dapat memicu peningkatan asam lambung.Penyebab lain dari asam lambung yang meningkat adalah stres dan kecemasan berlebihan serta terlambat makan. Jika muntah hebat hingga tidak ada makanan yang masuk, kemungkinan Anda mengalami hiperemesis gravidarum dan sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter kandungan terdekat.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
trimester pertama kehamilanmuntahhiperemesis gravidarum
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil