Apa penyebab muntah darah saat berpuasa?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dok, tahun lalu saat berpuasa saya sempat beberapa kali muntah darah namun tidak diperiksa ke dokter karena setelahnya tidak pernah kambuh lagi. Apakah ini berbahaya? Apa saya bisa lanjut berpuasa kembali nanti?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Muntah darah atau dalam istilah medis disebut hematemesis merupakan gejala ketika seseorang memuntahkan sesuatu dari mulutnya, yang disertai dengan sejumlah darah. Perdarahan yang bewarna merah terang menunjukan perdarahan dari saluran atas. Sedangkan perdarahan yang bewarna lebih gelap biasanya berasal dari saluran pencernaan bagian bawah.

Gejala muntah darah biasanya mual, nyeri perut dan muntah darah. Penyebab muntah darah bisa berasal dari :

  • Kerongkongan (varises esofagus, esofagitis, kanker esofagus dan sindrom mallory-weiss)
  • Lambung (tukak lambung, gastritis dan kanker lambung)
  • Duodenum (ulkus duodenum dan peradangan pada lapisan duodenum)

Untuk mencegah mengalami muntah darah sebaiknya hindari makanan yang berasam tinggi dan minuman berakohol, jangan konsumsi obat sembarangan dan konsumsi jamu secara berlebihan. Karena muntah darah merupakan kondisi gawat darurat sebaiknya jika Anda mengalami muntah darah segera kunjungi IGD RS terdekat apalagi jika Anda mengalami gejala lain seperti pusing, penglihatan kabur, detak jantung lebih cepat, kulit dingin dan lembab dan sesak napas.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bakteri yang menguntungkan manusia sebagian besar tinggal di bagian usus

Hidup Harmonis di Tubuh, Ternyata Ada Bakteri yang Menguntungkan Manusia

Tak semua bakteri itu jahat. Beberapa di antaranya diperlukan manusia dan hidup harmonis di dalam tubuh. Bakteri yang menguntungkan manusia tersebut bahkan juga dapat melawan penyakit, lho.