Apa penyebab muntah berwarna kuning?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dok, saya sudah 2 hari ini muntah-muntah terus. Kadang isi muntahannya berwarna kuning. Apakah ini berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Muntah merupakan kondisi dimana seseorang mengeluarkan isi dari dalam perut (lambung) dengan paksa melalui mulut. Sebelum terjadinya muntah, biasanya seseorang akan merasakan mual dan tidak nyaman pada perut. Karena merupakan kondisi mengeluarkan isi perut, selain berupa makan yang telah dimakan, muntah juga bisa berwara kuning, kehijauan, atau bahkan berupa muntah darah.

Adapun beberapa penyebab muntah berwana kuning adalah sebagai berikut:

  • Refluks empedu atau bisa juga berasal dari cairan asam lambung, biasanya terjadi pada penderita GERD
  • Riwayat operasi sebelumnya
  • Adanya sumbatan pada saluran pencernaan
  • Adanya appendisitis, yaitu radang usus buntu
  • Muntah pada kehamilan
  • Muntah yang berulang-ulang

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, jika telah muntah berkali-kali pastikan Anda tetap minum untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda , sehingga Anda tidak dehidrasi. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan yang bersifat pedas / asam / berlemak / berminyak karena dapat memicu peningkatan asam lambung, hindari stres dan kecemasan, tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, lakukan kompres hangat pada area perut, dan usahakan Anda tidak terlambat makan.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam lambung di apotik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi terdapat tiga macam obat asam lambung di apotik yang dapat dijumpai

Kenali Berbagai Obat Asam Lambung untuk Mengatasi Maag

Maag merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat asam lambung yang bisa dibeli bebas di apotek maupun dengan resep dokter. Obat asam lambung di apotik tidak hanya satu jenis melainkan terdapat berbagai banyak jenisnya, seperti penghalang histamin, antasida, dan sebagainya.