Apa penyebab mual karena asam lambung naik?

MK Info Penanya: MK
Dokter, saya memiliki maag yang lumayan parah dan sering banget kambuh. Biasanya kalo kambuh dan asam lambung saya naik rasanya mual dan ingin muntah tapi perut saya kembung. Apa ada cara untuk mengobatinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MK,

Asam lambung yang naik adalah salah satu penyebab rasa tidak nyaman di bagian perut dan ulu hati, tidak jarang juga disertai dengan mual hingga muntah. Pencetusnya sendiri beragam mulai dari makanan yang memicu iritasi lambung seperti makanan pedas, berminyak, asam, berlemak, minuman berkafein seperti kopi, the, cokelat, minuman bersoda, kondisi psikis seperti stres cemas dan lainnya.

Untuk menghindari meningkatnya asam lambung perlu makan dengan teratur dengan porsi kecil setiap 3 jam sekali, menyemil, hindari makanan dan hal yang memicu asam lambung, hindari rebahan atau tiduran setelah makan, konsumsi obat seperti antasida sebelum makan untuk mengurangi gejala yang timbul. Bisa juga mengonsumsi minuman hangat seperti jahe dan madu untuk mengurangi rasa mual.

Jika keluhan berlanjut periksakan pada dokter agar diketahui penyebabnya dan diberikan tambahan obat. Jika dibiarkan bukan tidak mungkin akan timbul luka pada dinding lambung yang bisa membuat keluhan semakin tidak nyaman. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik atau GERD dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung asam dan lemak yang tinggi

Cegah GERD dengan Makanan untuk Penderita Asam Lambung Naik

Asam lambung naik atau GERD dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung asam dan lemak yang tinggi. Anda dapat mengonsumsi sayur, jahe, oatmeal, putih telur, buah yang tidak mengandung asam, atau makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan agar terhindari dari asam lambung naik.