Apa penyebab mimisan pada remaja?

DK Info Penanya: DK
Dok, saya anak SMA umur 17 tahun. Saya sering mengalami mimisan tiba-tiba. Katanya sih karena pembuluh darah saya yang berukuran kecil, apakah benar, dok? Atau ada penyakit lain yang menjadi penyebabnya? Thanks, dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DK,

Mimisan adalah pecahnya pembuluh darah pada area hidung dimana kumpulan pembuluh darah ini sering kali juga disebut dengan plexus kiesselbach. Pada kondisi pembuluh yang lebih mudah pecah, mimisan lebih sering terjadi.

Penyebab mimisan sendiri beragam, mulai dari adanya benturan atau trauma baik karena terbentur, terpukul, mengorek hidung, ataupun karena gangguan saluran pernapasan seperti adanya polip, atau gangguan perdarahan dan lainnya.

Untuk mengatasinya bisa dengan menekan hidung saat mimisan, kompres pangkal hidung dengan es dan jika lebih dari 15 menit atau mimisan deras bisa segera periksakan diri pada dokter. 

Untuk mencegahnya hindari mengorek hidung, gunakan masker, gunakan pelembap udara jika udara ruangan kering, dan juga memeriksakan diri pada dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polip hidung dapat disebabkan oleh polusi udara

Polusi Udara Bisa Munculkan Polip Hidung? Ini Penjelasannya

Polusi udara dapat memicu asma yang, bila tidak segera diobati, dapat memunculkan benjolan di dalam hidung alias polip hidung. Penyakit polip hidung bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah mengonsumsi obat semprot.