Apa penyebab menstruasi lebih dari 2 minggu?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 20 Tahun
Saya sering menstruasi selama 2 minggu tidak berhenti" darah yang keluar sedikit sedikit, penyebabnya apa dok? Apa itu penyakit.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Haid berkepanjangan adalah pertanda gangguan pada organ reproduksi. Normalnya perdarahan menstruasi berlangsung antara 3-7 hari. Jika berlanjut lebih dari 7 hari maka disebut dengan menorrhagia

Penyebab dari menorrhagia sendiri beragam seperti tumor jinak di rahim, adanya polip atau jaringan rahim, adanya endometriosis atau pertumbuhan jaringan rahim yang abnormal, gangguan hormonal, penggunaan alat KB ataupun keganasan pada rahim.

Untuk itu jika sudah lebih dari 2 minggu segera periksakan pada dokter spesialis kandungan untuk mencari penyebabnya dan memberikan penanganan untuk menghentikan perdarahan baik melalui pemberian obat yang sifatnya hormonal ataupun obat non hormonal. Upayakan juga memperhatikan pola hidup sehat agar membantu mengatasi permasalahan menstruasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.