Apa penyebab menstruasi lebih dari 2 minggu?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 20 Tahun
Saya sering menstruasi selama 2 minggu tidak berhenti" darah yang keluar sedikit sedikit, penyebabnya apa dok? Apa itu penyakit.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Haid berkepanjangan adalah pertanda gangguan pada organ reproduksi. Normalnya perdarahan menstruasi berlangsung antara 3-7 hari. Jika berlanjut lebih dari 7 hari maka disebut dengan menorrhagia

Penyebab dari menorrhagia sendiri beragam seperti tumor jinak di rahim, adanya polip atau jaringan rahim, adanya endometriosis atau pertumbuhan jaringan rahim yang abnormal, gangguan hormonal, penggunaan alat KB ataupun keganasan pada rahim.

Untuk itu jika sudah lebih dari 2 minggu segera periksakan pada dokter spesialis kandungan untuk mencari penyebabnya dan memberikan penanganan untuk menghentikan perdarahan baik melalui pemberian obat yang sifatnya hormonal ataupun obat non hormonal. Upayakan juga memperhatikan pola hidup sehat agar membantu mengatasi permasalahan menstruasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda PMS yang umumnya terjadi adalah kram, sakit kepala, dan mood swing

Serba-serbi PMS, Mulai dari Tanda-tanda PMS Sampai Pencegahannya

PMS merupakan gejala fisik dan psikologis yang dialami oleh wanita sebelum mengalami menstruasi. Tanda-tanda PMS yang sering terjadi, antara lain: kram, payudara mengeras, perubahan nafsu makan, kaki tangan membengkak, sakit kepala, hingga diare.