Apa penyebab flek 30 hari tidak berhenti?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya perempuan usia 26 tahun. Bulan kemarin saat menstruasi sudah mau habis (tinggal flek), saya berhubungan dengan suami saya. Tapi, hingga sekarang (sudah hampir 1 bulan), flek masih tidak berhenti, dok. Malah keluar darah sedikit-sedikit. Apakah ini berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Flek atau bercak darah yang keluar dari vagina bisa terjadi karena beberapa penyebab, baik normal maupun tidak. Penyebab flek normal adalah ketika terjadi pada awal dan akhir masa haid, dimana hal tersebut merupakan bagian dari darah haid itu sendiri. Tetapi, flek pada awal dan akhir haid biasanya berlangsung paling lama tiga hari.

Apabila berlangsung lebih dari tiga hari, kemungkinan ada masalah hormon yang terjadi pada tubuh. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah penggunaan kontrasepsi hormonal, stres, sindrom ovari polikistik, maupun naik atau turunnya berat badan. Selain itu, luka pada mulut rahim atau liang vagina juga dapat menyebabkan flek berkepanjangan.

Jika Anda mengalami hal ini, ada baiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Apalagi, jika ada tanda-tanda anemia atau kurang darah seperti lemas, pusing, atau pernah pingsan. 

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan menyarankan solusi yang tepat, misalnya obat-obatan atau saran untuk mengganti jenis kontrasepsi (apabila disebabkan oleh hal tersebut).

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu kondisi yang ditandai dengan flek cokelat adalah kehamilan

Ini Penyebab Keluar Flek Cokelat saat Tidak Haid

Flek cokelat adalah keputihan bercampur darah yang biasanya tidak berbahaya, namun bisa juga mengindikasikan penyakit tertentu. Berikut beberapa kondisi yang diindikasikan dari munculnya flek cokelat.