Apa penyebab mata merah tanpa nyeri ?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 26 Tahun
"Dokter saya ingin bertanyaMata saya sering merah, kadang sering dibilang ngantuk karna matanya merah. Padahal mah ngga. Jadinya saya sering pake tetes mata dok. Dari penglihatan biasa aja. Dan ga ada rasa nyeri atau apa dok. Kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terima kasih telah bertanya di SehatQ.

Mata merah tanpa nyeri bisa disebabkan oleh karena :

  1. Mata Iritasi

Reaksi iritasi ini bisa menjadi penyebab pembuluh darah yang terdapat pada bagian putih mata melebar sehingga bagian putih mata terlihat merah. iritasi bisa disebabkan oleh udara yang kering seperti di AC, terpapar sinar matahari yang menyengat, kemasukan benda asing, debu, dan adanya alergi, sedang terkena flu, dan adanya trauma pada mata seperti mengucek terlalu kencang. 

2. Mata Kering ( Dry Eyes Syndrome )

Fungsi dari air mata ialah untuk melembabkan mata, menjaga dari debu dan kuman, mencegah gesekan antara kelopak mata dan permukaan kornea saat ita berkedip. jika ada gangguan produksi air mata yang menurun jumlahnya atau mudah menguap, mata akan terasa kering, merah, tidak nyaman, gatal, berkedip terus, peka terhadap cahaya, mudah berair sebagai respon dari tubuh kita akan adanya organ yang berkurang fungsinya bahkan bisa sampai terjadi peradangan hebbat pada kasus yang parah.

Pencegahan yang dapat dilakukan seperti :

  • Melindungi mata dengan kacamata pelindung ketika berada di luar ruangan agar terhindar dari terik matahari
  • Sering berkedip untuk meningkatkan produksi air mata saat melihat handphone atau didepan layar komputer dan pada ruangan berAC atau kipas angin
  • Jika sering menggunakan lensa kontak, pilih yang memiliki kandungan air tinggi diatas 55%
  • Menjaga kebersihan tangan

Penanganan yang dapat dilakukan seperti istirahat yang cukup 8 jam sehari, kompres mata dengan air hangat, dan hindari mengucek mata. jika terdapat keadaan seperti nyeri, pandangan kabur, dan tidak nyaman sampai mengganggu aktivitas segera periksakan ke dokter mata agar mendapatkan obat tetes mata yang tepat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Clara.

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi orang lanjut usia, pemeriksaan tes mata penting untuk melihat kemunculan katarak pada mata.

Luka pada Kornea Mata atau Katarak? Ketahui Perbedaannya

Luka pada kornea mata berbeda dengan katarak. Luka pada korena ditandai dengan munculnya bintik putih saat ulkus kornea. Sedangkan katarak,warna putih muncul pada lensa mata.