16 Feb 2021, 13:59Mata

Apa penyebab mata belo?

AV
Info Penanya: AV0
halo dok selamat siang, dok mata saya belo dan kadang-kadang saya jadi kurang pede (percaya diri). apalagi saat saya harus berbicara kepada ornag lain (saling bertatapan). apa ya dok yg menyebabkan mata belo?
6246 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat malam AV,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Mata belo dapat merupakan hal normal atau abnormal (menonjol ke luar). Mata menonjol atau proptosis (exophtalmos) merupakan suatu keadaan dimana bola mata besar dan menonjol keluar. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh penyakit Graves, yang menyebabkan kelenjar tiroid aktif.

Beberapa gejala proptosis yang sering muncul :

  • Sakit atau nyeri pada mata
  • Mata kering
  • Iritasi mata
  • Mata berair
  • Susah untuk menggerakan mata
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Penglihatan kabur
Selain penyakit graves, penyebab proptosis juga adanya tumor jinak atau ganas seperti hemangioma, leukemia (kanker darah), retinoblastoma (kanker mata), Selulitis orbita (peradangan pada mata), cedera pada mata.Pengobatan dari proptosis harus dicari tahu berdasarkan penyebabnya. Pengobatan sebaiknya di konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis mata agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang sesuai. Beberapa plihan pengobatan dengan cara untuk mengatur keseimbangan hormon tiroid dalam darah, obat tetes mata untuk menguangi kekeringan dan iritasi mata, radioterapi dan kemoterapi untuk mengatasi proptosis yang disebabkan oleh tumor.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penyakit gravespenyakit matagangguan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil