24 Jun 2020, 15:26Gigi & Mulut

Apa penyebab Lip Tie-Tongue Tie (LTTT)?

WI
Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, anak saya baru 1 bulan usianya. Tapi suka rewel saat saya berikan ASI, dok. Kata teman saya kemungkinan dia kena LTTT atau Lip Tie-Tongue Tie. Apakah ini berbahaya dok? Karna katanya harus dioperasi ya?
3996 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat sore, WI. Lip tie tongue tie merupakan kelainan bawaan sejak lahir dimana bayi menjadi sulit menyusu, karena adanya kelainan pada selaput jaringan otot yang menghubungkan bibir atas dengan gusi bagian atas serta lidah sulit digerakkan ke samping atau ke atas dinding mulut akibat selaput dibawah lidah terlalu pendek. Pada umumnya gerak mulut jadi terbatas dan lidah berbentuk hati. Hal ini akan menyulitkan perlekatan mulut bayi ke payudara ibu saat menyusu.Menurut penelitian yang ada, penyebab terjadinya hal ini karena faktor genetik. Faktor risiko yang lebih sering terkena kelainan ini adalah bayi laki-laki.

Adapun gejala yang terdapat pada kondisi lip tie tongue tie ini dapat berupa:

  • Bayi sering menangis saat menyusu Asi.
  • Bayi mudah tersedak ketika menyusu.
  • Bayi menjadi kurang minum Asi.
Terkait dengan kondisi yang bayi Anda alami sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak ya. Untuk terapi yang dilakukan biasanya dokter akan mempertimbangkan dengan melihat derajat kelainan tersebut, pertama dokter akan memonitor apakah saat bertambah usia selaput tersebut akan longgar sendiri jika tidak dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan tindakan operasi.Anda harus segera membawa bayi Anda apabila bayi sudah sangat kesulitan dalam menyusu yang berakibat dehidrasi dan payudara ibu menjadi bengkak atau terjadi mastitis. Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr.Sri Wulantini
bayi & menyusuimengatasi bayi rewelperkembangan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil