Apa penyebab leher kemerahan setelah pakai krim pemutih wajah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Mohon maaf dok, kemarin saya pakai krim fair and lovely di muka dan leher untuk mencerahkan wajah, tapi anehnya setelah menggunakannya di leher, malam harinya leher saya langsung gatal dan kemerahan. Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Apa saya nggak cocok produk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Krim pemutih wajah adalah produk yang sebaiknya diaplikasikan ke wajah, sesuai namanya. Apabila digunakan ke leher, maka bisa memicu iritasi, karena kulit wajah dan kulit leher memiliki tekstur yang berbeda satu sama lain.

Gatal dan kemerahan adalah dua gejala dari iritasi. Gejala lain yang bisa timbul adalah kulit mengelupas, bersisik, atau terasa panas. Oleh karena itu, hindari penggunaan krim tersebut di leher lagi, ya. Biasanya, setelah pemakaian dihentikan, gejala akan berangsur-angsur menghilang.

Selain menghentikan pemakaian, lakukan beberapa hal berikut:

  • Hindari menggunakan produk perawatan leher untuk sementara waktu
  • Jaga leher agar senantiasa bersih, dengan cara mandi dua kali sehari dengan sabun
  • Oleskan bedak salisil di bagian leher untuk meredakan gatal
  • Hindari menggaruk karena bisa memicu infeksi
  • Apabila sangat gatal, konsumsi obat antihistamin yang dijual bebas seperti chlorpheniramine maleate, sesuai dosis

Apabila gatal tidak membaik dalam satu minggu, atau semakin parah, atau mengalami gatal tak tertahankan hingga mengganggu waktu tidur, segera periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin, agar mendapat penanganan lanjutan.

Tetapi apabila sembuh, Anda dapat menggunakan krim khusus leher, ya. Anda dianjurkan melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan kandungan krim yang cocok untuk kulit leher Anda. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui jenis kulit Anda, dan diberikan penanganan yang tepat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.