Apa penyebab kutil kelamin?

IP Info Penanya: IP
Dok, saya perawan berusia 23 tahun. Baru-baru ini ada benjolan seperti kutil di daerah kelamin saya. Kalau saya cari di internet, katanya karena infeksi menular seks, tapi saya belum pernah berhubungan seks, dok. Sebenarnya apa penyebabnya ya, dok? Apakah benjolan ini dapat sembuh dengan sendirinya? Atau saya harus ke dokter spesialis? Karena saya malu kalau harus periksa langsung ke dokter, dok. Terima kasih bantuannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IP,

Kutil kelamin adalah infeksi yang dapat timbul akibat infeksi virus human papilloma. Sering kali memang kutil kelamin timbul akibat infeksi menular seksual tetapi bisa juga timbul pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, riwayat ibu dengan infeksi HPV saat melahirkan, riwayat aktif secara seksual pada usia muda.

Adanya benjolan pada area kelamin wanita sendiri tidak selalu disebabkan oleh kutil kelamin, tetapi bisa disebabkan oleh beragam penyebab lain mulai dari infeksi kulit sekitar kelamin, kutu kelamin, adanya kista ataupun bisa karena infeksi virus lain seperti herpes. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan langsung pada dokter atau dokter kulit dan kelamin untuk memastikannya.

Kutil kelamin sendiri dapat diobati dengan beberapa cara mulai menggunakan salep khusus, cryoterapi atau terapi pembekuan menggunakan nitrogen, terapi bedah, ataupun dengan penggunaan cairan khusus yang penggunannya dilakukan oleh tenaga medis. Untuk itu ada baiknya melakukan pencegahan dengan tidak melakukan hubungan seksual yang tidak aman dan juga bisa melakukan vaksinasi terhadap virus HPV yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut rahim atau kanker serviks. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh EW
06 Jan 2020, 06:46
Dok mw tanya pada dinding miss v saya terdapat benjolan kecil seperti jenger ayam apakah itu kutil klamin dok

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.