Apa penyebab kulit gatal?

IF Info Penanya: IF
Dok penyebab kulit gatal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IF,

Gatal adalah reaksi dari adanya sensasi pada kulit yang timbul akibat nyeri ataupun sentuhan yang tidak intens sehingga timbul kondisi yang disebut gatal. Pemicunya dapat beragam salah satunya adalah akibat adanya zat histamin ataupun karena proses peradangan pada kulit. 

Pemicunya sendiri bisa beragam mulai dari reaksi alergi, infeksi kulit baik karena virus, jamur, bakteri ataupun parasit, peradangan kulit, paparan zat iritan atau alergen dan lainnya. Reaksi alergi sendiri tidak hanya yang kontak dengan kulit saja tetapi juga bisa dari udara dingin, makanan, obat-obatan ataupun pemicu lainnya. Untuk itu jika gatal hanya sesekali dapat diusap atau digaruk tetapi jangan terlalu keras atau dalam karena bisa memicu iritasi pada kulit ataupun luka.

Jika gatal mengganggu atau cukup luas areanya bisa diatasi dengan pemberian obat antihistamin ataupun gunakan bedak salisil ataupun lotion calamine. Jika gatal disertai keluhan seperti timbul bintil, benjolan, ruam kulit ataupun gejala lain segera periksakan diri pada dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?