26 Dec 2020, 12:53Kandungan

Apa penyebab kram perut saat hamil muda?

P
Info Penanya: P0
Dok, kenapa ya saat hamil muda perut saya terasa kram? Apakah kondisi ini normal?
337 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat Siang POKram pada perut saat kehamilan muda memang sering terjadi. Kram perut ini bisa merupakan hal yang normal terjadi atau bisa juga menjadi tanda suatu kondisi yang lebih serius. 

Penyebab kram perut yang normal pada hamil muda

Kram pada hamil muda biasanya akan hilang timbul dan berlangsung dalam beberapa minggu awal kehamilan hingga awal trimester 2. Hal-hal normal yang menyebabkan timbulnya kram perut pada haml muda adalah :
  • Rahim membesar
  • Penekanan pada organ-organ perut
  • Sembelit karena perubahan hormon
  • Peregangan ligamen yang menopang janin dan rahim
Untuk meredakan kram perut anda dapat mengkonsumsi paracetamol 3x500mg sehari, mandi air hangat atau dikompres dengan handuk hangat, istirahat, menggosok bagian punggung, dan berolahraga ringan untuk ibu hamil muda seperti berenang, berjalan santai, senam kegel, yoga, sepeda statis dan sebagainya.Waspadai apabila adanya kram perut yang terjadi terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dan nyeri atau kram bertambah berat. Keluhan bisa diserta demam, muntah, mengigil, hingga perdarahan dari jalan lahir. Hal-hal ini bisa menandakan suatu kondisi serius seperti kehamilan diluar kandungan, keguguran, atau infeksi pada kandungan. Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas medis terdekat atau ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
menjaga kehamilanhamiltrimester pertama kehamilansakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil