30 May 2021, 11:25Perut

Apa penyebab kram perut bagian bawah?

AF
Info Penanya: AF0
Siang Dokter, apa saja penyebab kram perut bagian bawah? Apakah kondisi berbahaya? Ada cara alami untuk meredaknya tidak ya dok?
113 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Perut kram dapat terjadi karena berbagai penyebab antara lain karena nyeri haid, keluhan pada awal kehamilan, masalah pada saluran pencernaan, maupun masalah pada organ reproduksi. Untuk mengatasi kram, terapi harus disesuaikan dengan penyebab kram itu sendiri. Misalnya disebabkan oleh gangguan pencernaan, maka perlu dicari apakah sumber permasalahannya adalah pola makan yang tidak teratur, atau ada iritasi pada saluran pencernaan karena bakteri.

Mengatasi kram

Berbeda lagi jika kram disebabkan karena pra mnestrual sindrom yaitu tanda menjelang haid akan segera terjadi sehingga yang dapat Anda lakukan lebih ke arah mengkompres area yang kram menggunakan air hangat serta mengkonsumsi obat pereda nyeri. Namun jika sembarangan mengkonsumsi pereda nyeri tanpa mengetahui sumber keluhan, yang dapat terjadi adalah antinyeri memiliki efek meningkatkan asam lambung sehingga jika ternyata keluhan berasal dari saluran pencernaan makan keluhan akan semakin memburuk.Sebaiknya jika Anda tidak mengetahui penyebab kram, lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat terlebih dahulu. Atau jika keluhan ini sudah lama terjadi karena masalah pencernaan yang kronis, maka lakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam agar dapat diberikan terapi yang tepat.Salam sehat,Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungsakit perutkram menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil