Apa penyebab keputihan yang gatal dan perih?

CN Info Penanya: CN, Wanita, 25 Tahun
Dok saya kan hbis mes blln in , kx saya jadi keputihan ya padahal biyasanya ngak rsanya gatal sekali prih tidk nyaman dok , apa karna saya ganti pembalut dok? , ap trlalu banyak makan telurr itu bisa menybabkan kputihan dok terimkasih dok tolog d jawab,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CN

Keputihan merupakan hal yang normal dialami semua wanita, karena merupakan cara vagina melindungi dirinya dari infeksi dan iritasi. Keputihan dianggap masih dalam batas normal jika lendir keputihan yang Anda keluarkan tidak berwarna (berwarna bening) dan tidak berbau. Tetapi jika lendir yang dikeluarkan berwarna, mengeluarkan bau yang tidak sedap dan terasa gatal, maka kemungkinan besar telah terjadi infeksi, bakteri, jamur, ataupun parasite. Sedangkan penyebab mudahnya vagina terkena infeksi adalah sedang mengonsumsi pil KB atau obat kortikosteroid, menderita diabetes, menggunakan sabun atau lotion yang mengandung parfum/pewangi, menurunnya kekebalan tubuh, dan usia menopause.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda dilakukan di rumah:

  • Cuci tangan sebelum maupun sesudah menyentuh area vagina.
  • Selalu basuh vagina dari depan ke belakang setelah buang air kecil, untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina dan menyebabkan infeksi.
  • Hindari menggunakan pakaian yang berbahan ketat
  • Gunakan celana dalam berbahan katun
  • Hindari penggunaan detergen dengan pewangi untuk mencuci pakaian. Selalu pastikan membilas pakaian sampai benar-benar bersih.
  • Hindari penggunaan tisu dengan cairan pencuci vagina, pewangi, sabun wangi pada vagina karena dapat mengiritasi kulit dan menganggu keseimbangan bakteri serta PH alami dalam vagina

Jika dengan cara tersebut keputihan tidak membaik, disarankan untuk segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mencari penyebab pastinya dan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Salam sehat,

dr. Jolinda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.