Apa penyebab kencing tidak tuntas?

L Info Penanya: L, Wanita, 36 Tahun
Saya reno umur 36 tahun. setiap saya kencing pasti selalu seperti tidak tuntas dan sisa air kencingnya menetes sendiri tanpa bisa saya tahan, 2 minggu lalu sampe sekarang saya ngerasain sakit di perut bagian bawah. ini penyakit atau bukan ya dokter? trus penyebabnya apa? trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyebab kencing tidak tuntas adalah karena melemahnya otot di daerah panggul, terutama otot bernama bulbocavernosus yang berfungsi berkontraksi untuk mendorong urin keluar dari kantung kemih. Pemicunya adalah:

Cara mengatasi keluhan, Anda dapat melakukan senam kegel secara rutin. Untuk mengetahui cara-caranya, Anda dapat membaca dalam tautan ini.

Anda bisa juga menggunakan popok dewasa. Selain itu, Anda dapat melakukan pijatan setelah buang air kecil.  Latihan melakukan pijatan dapat Anda lakukan di rumah dengan cara berikut ini:

  • Tunggu kantung kemih sampai benar-benar kosong sesaat Anda BAK.
  • Pijat ringan dengan cara meletakkan telunjuk, jari tengah, dan jari manis tangan kiri di balik skrotum. Pijat perlahan ke arah ujung penis. Jika terasa seperti mau keluar, goncangan penis agar urin cepat keluar
  • Ulangi teknik ini dua kali sebelum meninggalkan kamar mandi.

Jika dirasa masih mengganggu, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter urologi agar dapat ditatalaksana dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem ekskresi manusia melibatkan organ-organ tubuh seperti organ ginjal, hati, paru-paru, sistem pencernaan, dan kulit.

Berkenalan dengan Sistem Ekskresi pada Manusia

Sistem ekskresi manusia adalah proses mengeluarkan kotoran dan racun dari tubuh. Tinja (feses) adalah kumpulan zat-zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, yang dikeluarkan oleh sistem pencernaan sebagai salah satu organ sistem ekskresi. Selain sistem pencernaan, ginjal, paru-paru, kulit, dan hati merupakan organ tubuh yang berperan dalam sistem ekskresi.