Apa penyebab jari telunjuk tiba-tiba bengkak?

CS Info Penanya: CS, Wanita, 67 Tahun
Jari telunjuk kiri bagian pangkal bawah tiba2 bangun pagi bengkak dan biru, rasa pegal..dan sedikit berat ..kenapa ya...mhn pnjelasan...trmksh.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CS,

Keluhan pada sendi jari baik pada tangan atau kaki bisa timbul karena beberapa penyebab seperti diantarnya adalah trauma atau cedera jari yang menimbulkan gangguan pada tulang, sendi, otot, tendon ataupun jaringan disekitarnya, peradangan sendi karena asam urat, pengapuran, ataupun penyakit autoimun, infeksi pada sendi atau kulit dan penyebab lainnya.

Jika timbul bengkak, nyeri, kemerahan pada kulit, dan jari menjadi sulit digerakan maka perlu diperiksakan terlebih jika timbul pada penderita yang sudah berusia lanjut agar dipastikan penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan mulai dari tanya jawab dengan dokter, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Penanganan sendiri bisa dilakukan dengan pemberian obat, kompres dingin untuk meredakan nyeri dan peradangan, istirahatkan area yang nyeri dan hindari menggunakan sendi untuk beraktivitas sementara waktu sampai kembali pulih. Jika penyebabnya adalah berkaitan dengan pola asupan makanan nantinya juga perlu membatasi sejumlah makanan seperti misalnya jika disebabkan asam urat maka perlu membatasi asupan purin. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tingginya kadar asam urat memang dapat menyebabkan peradangan sendi akut

Ringankan Gejala Asam Urat dengan Cara Alami

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah seperti randang sendi, bengkak, dan nyeri di persendian. Sebelum pergi ke dokter, Anda dapat mengobati asam urat di rumah untuk meringankan gejalanya, seperti mengompres dengan es batu, istirahatkan sendi, dan minum air putih.