12 May 2021, 12:06Psikologi

Apa penyebab insomnia dan bagaimana cara mengatasinya?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dokter, apa penyebab insomnia dan bagaimana cara mengatasinya?
225 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang FF,Insomnia adalah kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur, sehingga menurunkan kualitas dan kuantitas tidur. Penyebab insomnia bervariasi, dan yang tersering adalah faktor stres psikologis serta gaya hidup yang kurang sehat.Apabila insomnia berkepanjangan, maka akan berakibat seseorang menjadi kurang tidur, dan dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit seperti obesitas, gangguan psikologis, hingga diabetes mellitus. Oleh karena itulah, insomnia tidak boleh dianggap sepele dan perlu ditangani dengan baik.

Cara Mengatasi Insomnia

Apabila Anda mengalami insomnia, beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan di rumah sebagai penanganan awal adalah:

1. Membuat kamar menjadi tempat yang layak tidur

Pastikan tempat tidur Anda nyaman. Atur suhu ruangan agar tidak terlalu hangat dan dingin, idealnya sekitar 20-24 derajat celcius. Usahakan ruangan gelap atau menggunakan lampu yang redup, dan jaga ruangan agar tidak berisik.

2. Mengonsumsi dan menghindari makanan tertentu

Usahakan makan tidak lebih dari jam 7 malam, atau tepatnya tiga jam sebelum tidur. Hindari makanan pedas, kopi, dan teh pada saat makan malam karena dapat memicu insomnia. Coba konsumsi makanan yang mengandung magnesium untuk merelaksasikan otot dan pikiran, seperti pisang dan cokelat hangat.

3. Melakukan aktivitas pada pagi hari

Usahakan terpapar sinar matahari langsung setidaknya 15-30 menit di pagi atau siang hari. Lalu, bekerjalah di ruangan dengan jendela agar cahaya matahari masuk. Hal ini bertujuan agar hormon tubuh lebih seimbang, sehingga ketika matahari mulai tenggelam, hormon melatonin yang memicu rasa kantuk diproduksi oleh tubuh.

4. Kendalikan tingkat stres

Upayakan tingkat stres terkendali agar tidak menjadi beban pikiran pada saat malam hari. Anda disarankan melakukan olahraga yoga secara teratur. Selain itu, melakukan meditasi pribadi juga dapat membantu mengelola stres.

5. Konsultasi ke psikiater

Apabila telah melakukan usaha-usaha di atas namun insomnia tidak kunjung sembuh, konsultasikan kepada psikiater agar dilakukan pemeriksaan lanjutan dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tidurgangguan tidurinsomnia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil