26 Sep 2021, 11:29Penyakit Lainnya

apa penyebab haus di malam hari?

E
Info Penanya: E0
Dokter, sebelum tidur pasti saya minum air putih yang banyak, tapi kenapa di malam hari saya masih suka merasa haus dan hingga terbangun? Apa penyebab dari haus di malam hari? Bagaimana cara mengatasinya? Sebab, kondisi sangat mengganggu tidur saya.
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Rasa haus yang dirasakan saat bangun tidur dapat terjadi karena beberapa penyebab, antara lain adalah kondisi kamar yang kering atau panas, mulut yang terbuka saat tidur, maupun keadaan berkeringat yang menyebabkan banyak cairan tubuh yang keluar saat tidur sehingga tubuh merasa dehidrasi.

Penyebab haus terus menerus

Apabila udara kamar terlalu kering, dan sebaiknya gunakan air humidifier atau jika terlalu panas maka dapat menggunakan air conditioner (AC). Kebutuhan cairan tubuh juga harus dipenuhi sepanjang hari dan tidak hanya saat menjelang tidur saja. Kebutuhan tubuh terhadap air adalah 1.5-2.5 liter cairan per hari. Hindari mengonsumsi kopi, teh, makanan pedas, serta makanan yang digoreng agar tidak menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Hal ini menyebabkan muncul rasa haus sebagai respon tubuh membilas tenggorokan baik karena asam lambung maupun makanan yang mengiritasi.Jika keluhan disertai rasa panas baik pada dada maupun tenggorokan, keluhan bisa disebabkan asam lambung yang meningkat dan untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi antasi da3x sehari sebelum makan. Apabila memang keluhan berulang, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam. Haus, lapas, maupun kenicng berlebihan dapat juga disebabkan penyakit kencing manis untuk itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tips dietdehidrasikekurangan cairan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil