Apa penyebab haus, cemas?

C Info Penanya: C, Wanita
sebaiknya konsultasi ke dokter apa jika gejalanya sering merasa haus berkepanjangan, bau mulut tidak sedap, pusing, sering merasa cemas dan tiba-tiba sedih. Akhir-akhir ini saya merasakan gejala seperti itu.. Minta tolong pencerahannya, terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang C,

Keluhan sering haus bisa disebabkan :

  1. Faktor konsumsi air putih yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh.
  2. Kencing manis. Seseorang yang menderita kencing manis sering muncul keluhan haus, mudah lapar, gatal-gatal, sering kencing.
  3. Kondisi dehidrasi. Ketika seseorang dehidrasi akibat muntah-muntah atau diare yang berlebihan, maka rasa haus merupakan tanda bahwa tubuh sedang kekurangan cairan.

Sedangkan keluhan pusing, sering merasa cemas, tiba-tiba sedih seringkali disebabkan oleh faktor psikis, misal ketika seseorang sedang menghadapi masalah yang berat seperti sedang berduka, beban kerja yang berlebihan maka kondisi psikis yang tidak baik dapat menimbulkan berbagai keluhan di tubuh yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi berbagai keluhan yang sedang Anda alami seperti :

  1. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.
  2. Hindari beban pikiran yang berlebihan.
  3. Lakukan aktivitas bersama teman-teman untuk mengurangi beban Anda.
  4. Makan secara teratur.
  5. Lakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat Anda lagi.
  6. Olahraga secara teratur. Olahraga selain baik untuk kesehatan tubuh juga dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa bahagia pada seseorang.

Bila keluhan yang Anda rasakan semakin berlanjut hingga disertai mual, muntah, gangguan konsentrasi, dan menarik diri dari lingkungan sekitar maka segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diaphoresis atau keringat dingin merupakan gejala dari gangguan kesehatan di tubuh

Berbagai Penyebab Keringat Dingin, Waspadai yang Berbahaya

Diaphoresis atau keringat dingin adalah keluarnya keringat yang terjadi secara mendadak meskipun tidak sedang melakukan aktivitas. Keringat dingin merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gangguan kecemasan, rasa sakit dan syok, kekurangan oksigen atau hipoksia, diabetes, hipertiroid, serangan jantung, kanker, reaksi alergi, dan penggunaan obat-obatan.