Apa penyebab gigi keropos dan penanganannya?

DP Info Penanya: DP, Pria, 30 Tahun
Gi keropos
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DP,

Gigi keropos adalah keluhan yang bisa timbul karena gigi mengalami kerusakan dimana bisa membuat gigi retak, pecah ataupun berlubang. Penyebabnya bisa beragam mulai dari kebiasaan merokok, konsumsi minuman bersoda secara berlebih, banyak mengonsumsi makanan manis, mulut kering, penyakit asam lambung, penggunaan pasta gigi yang keras, dan penyebab lainnya seperti faktor gizi.

Untuk mencegahnya perlu dihindari apa yang bisa memicu gigi keropos. Jaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari, batasi konsumsi makanan dan minuman yang memicu gangguan gigi, perbanyak makanan yang mengandung vitamin dan mineral, dan rutin memeriksakan diri pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali dimana jika ada gigi bolong, patah atau retak bisa dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur cabut gigi baru akan dilakukan jika seseorang mengalami kondisi seperti gigi berlubang dan sarafnya mati, susunan gigi berantakan, berisiko infeksi, atau terdapat penyakit gusi.

Sebelum Cabut Gigi, Kenali Dulu Prosesnya dari Awal Hingga Akhir

Cabut gigi adalah prosedur pencabutan gigi menggunakan alat oleh dokter gigi. Tindakan ini dapat dilakukan jika gigi berlubang, berantakan, atau sarafnya mati.