02 Oct 2021, 10:48Saraf

Apa penyebab gelisah setelah minum kopi?

N
Info Penanya: N0
Dok, saya termasuk sering mengonsumsi kopi, ada 3-4 sekali dalam seminggu. Tapi, belakangan ini kenapa saya selalu merasa gelisah setelah minum kopi. Padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalami ini. Apa penyebabnya, ya dok? Apakah kondisi menjadi salah satu gejala dari suatu penyakit tertentu? Lalu, bagaimana cara mengatasinya, dok?
193 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam NMengonsumsi kopi menjadi tren saat ini dan menjadi bagian dari lifestyle muda-mudi hingga orang tua. Minuman kopi yang rasanya asam dan pahit ini bisa disajikan dengan berbagai tambahan topping agar rasanya bisa lebih nikmat.Kopi pada dasarnya mengandung kafein yang cukup tinggi sekitar 40mg/100g. Kandungan kafein ini yang dapat meningkatkan mood, konsentrasi dan energi. Namun toleransi tubuh terhadap kafein pada masing-masing orang berbeda-beda.

Efek Samping Kafein Berlebih

Toleransi tubuh terhadap efek samping yang bisa ditimbulkan oleh kafein bisa berbeda-beda setiap orangnya. Berbagai efek kafein adalah:
  • jantung berdebar
  • agitasi atau gelisah
  • pusing
  • tremor atau gemetar
  • diare
  • haud
  • kedutan otot
  • susah tidur

Gemetar Karena Kafein Atau Penyebab Lainnya

Apabila anda mengalami gemetar hanya setiap setelah minum kopi maka penyebab anda gemetar karena kafein dan akan menghilang dengan sendirinya. Tapi apabila gemetar ini berlangsung terus-menerus maka bisa menandakan kondisi lainnya seperti hipertiroid, gangguan saraf, atau efek samping obat-obatan dan sebagainya.Konsultasikanlah ke dokter saraf jika keluhan gemetar terus terjadi untuk mencari sumber penyebabnya. Sementara itu anda perlu mengurangi konsumsi kafein secara bertahap dan perbanyak minum air putih. Jumlah kafein yang disarankan adalah 400mg perhari untuk dewasa sehat.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany 
tremorkopikafeina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil