Apa penyebab gatal sekeluarga?

SS Info Penanya: SS
Dok, saya sekeluarga gatal-gatal. Sudah berobat berkali-kali tapi belum ada perubahan. Apakah ada rekomendasi obat yang bagus?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Gatal adalah keluhan yang bisa timbul akibat adanya rangsang pada reseptor di kulit dimana gatal sendiri merupakan gejala yang bisa timbul karena reaksi alergi, infeksi kulit, adanya paparan zat atau bahan tertentu, peradangan kulit dan lainnya.

Gatal yang menyerang 1 keluarga atau komunitas sendiri seringnya terjadi karena infeksi kulit akibat parasit seperti kutu skabies atau disebut juga penyakit kudis. Gejala skabies atau kudis sendiri diantaranya adalah:

  • Gatal terutama di malam hari
  • Adanya luka kecil atau goresan di kulit
  • Bisa menyerang seluruh bagian tubuh terutama sela jari sampai kemaluan
  • Gatal bisa lebih berat sampai bernanah jika disertai infeksi bakteri
  • Menyerang kelompok seperti 1 rumah atau asrama

Untuk mengobatinya perlu dilakukan penanganan pada semua yang mengalami gejala dan dilakukan secara bersamaan untuk mencegah penularan kembali pada yang sehat. Semua pakaian, kasur, sprei, karpet perlu dicuci dengan air panas dan sabun untuk membunuh kutu skabies yang terdapat di kasur dan alat lain.

Hindari berjabat tangan, menggunakan handuk bersamaan dan menjaga kebersihan rumah agar kutu-kutu bisa dibasmi hingga tuntas. Nantinya oleh dokter akan diberikan krim khusus untuk mengatasi gatal dan mengobati skabies dari tubuh. Krim tersebut perlu digunakan dengan cara tertentu jadi segera periksakan diri dan orang lain yang mengalami gatal serupa ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tomcat mengeluarkan racun yang dapat membuat kulit iritasi

Langkah Pertolongan Pertama Apabila Digigit Tomcat

Tomcat menjadi populer di masyarakat karena gigitannya yang bisa menyebabkan berbagai macam reaksi. Jika terkena gigitan tomcat, ini pertolongan pertama yang perlu dilakukan.