Apa penyebab gatal di sekitar kelamin?

RA Info Penanya: RA, Pria
Halo dok. Saya mengalami gatal gatal sekitar Mis P memerah, putih tetapi batang mis P gak gatal. Apa itu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Beberapa penyebab gatal pada area kelamin pria adalah seperti reaksi alergi karena bahan pakaian, sisa detergen pada pakaian, produk perawatan seperti sabun yang menimbulkan iritasi, peradangan pada kulit atau dermatitis, infeksi kutu rambut kelamin, infeksi jamur sepeti tinea cruris, infeksi bakteri ataupun infeksi virus dan penyebab lainnya.

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter atau dokter kulit.

Agar nantinya diberikan penanganan sesuai dengan pemicunya seperti jika timbul karena infeksi jamur maka akan diberikan obat antijamur dan jika penyebabnya reaksi alergi perlu menghindari pemicu dan diberikan obat anti alergi.

Perhatikan juga untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat, perhatikan penggunaan produk perawatan agar memilih yang hipoalergenik, hindari menggaruk bagian yang gatal agar tidak menimbulkan iritasi dan infeksi, jaga kebersihan kulit dengan mandi teratur dan ganti pakaian terutama setelah beraktivitas dan berkeringat. Gunakan pereda gatal seperti lotion calamine untuk sementara. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Badan gatal-gatal tanpa sebab sering terjadi pada lansia dan bisa jadi ada faktor pemicunya

Badan Gatal-gatal Tanpa Sebab pada Lansia. Apa Pemicunya?

Badan gatal-gatal tanpa sebab yang terjadi pada lansia dapat menghambat dalam memilih perawatan yang tepat. Gatal-gatal tanpa sebab dapat dipicu oleh gangguan saraf, kondisi psikologis, dan konsumsi obat-obatan.