Apa penyebab epistaxis ?

DA Info Penanya: DA, Pria, 19 Tahun
Dokter tmn saya sering mimisan kira-kira itu gejala apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DA.

   Mimisan atau epistaxis merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Berdasarkan atas daerah asal perdarahan epistaksis dibagi atas dua kategori, yaitu epistaksis anterior dan posterior. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.

   Kebanyakan kasus epistaksis (80%-90%) merupakan idiopatik. Epistaksis idiopatik berulang adalah perdarahan dari hidung dan berulang, self limiting (sembuh sendiri), yang penyebab spesifik tidak diketahui.

Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik;
- Penyebab lokal termasuk epistaksis idiopatik, trauma (patah tulang hidung, mengorek hidung terlalu keras), inflamasi, neoplasia/tumor, vaskular, iatrogenik, kelainan struktural, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung.
- Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia, leukemia), lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian), obat-obatan (contoh antikoagulan), gagal organ (uremia dan gagal hati), serta penyebab lain misalnya hipertensi.

Pertolongan pertama saat mimisan:
• Posisikan kepala agak menunduk, untuk menghindari tersedak.
• Memencet hidung bagian depan selama 10-15 menit, selama pemencetan bernapas lewat mulut, bisa di ulang. Jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang sesuai dengan indikasi seperti pemeriksan laboratorium darah, radiografi. Mimisan bisa merupakan suatu kondisi medis yang ringan sampai berat, tergantung penyebab yang mendasarinya. Sebaiknya ke dokter jika keluhan menetap agar diketahui penyebabnya.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Heimlich Maneuver merupakan salah satu teknik pertolongan pertama untuk orang yang tersedak

Ini Pertolongan Pertama untuk Orang yang Tersedak

Tersedak dapat dialami oleh bayi hingga orang dewasa. Pertolongan pertama pada orang dewasa adalah berikan tekanan pada punggung, dan untuk pertolongan pertama tersedak pada bayi, gendong bayi lalu tekan punggungnya secara perlahan.