Apa penyebab ejakulasi dini dan penanganannya?

M Info Penanya: M
Selamat malam saya mau konsultasi masalah ejakulasi dini bagaimana cara mengatasi itu? Apakah ada obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Ejakulasi dini adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengontrol keinginan ejakulasi saat berhubungan seksual sehingga ejakulasi terjadi dengan cepat. Ejakulasi dini sendiri bisa timbul dari pertama kali seseorang baru berhubungan seksual ataupun baru timbul setelah beberapa kali berhubungan seksual. 

Kondisi tersebut timbul karena beragam faktor mulai dari faktor psikis seperti stres, cemas, terlampau semangat, atau terburu-buru, ataupun karena gangguan pada organ reproduksi. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan memperhatikan ada tidak pemicu secara psikis, jika ada maka perlu diatasi. Gunakan kondom jika merasa penis terlalu sensitif sehingga bisa diredam dengan penggunaan kondom, bisa juga melakukan ejakulasi terlebih dahulu sebelum berhubungan seksual dimana setelahnya bisa lebih bertahan lama sebelum ejakulasi kedua.

Lakukan latihan untuk memperkuat otot panggul, lakukan pengaturan irama saat berhubungan seksual sehingga bisa mengatur durasi ejakulasi agar lebih bertahan lama. Obat-obatan atau produk untuk memperkuat atau agar bertahan lama perlu dihindari tanpa pemeriksaan dokter terlebih dahulu karena bisa menimbulkan gangguan pada organ kelamin Anda. Periksakan pada dokter spesialis andrologi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setelah prosedur sunat dewasa dilakukan, wajar apabila seseorang akan merasakan penis seperti bengkak

Ini yang Harus Dilakukan Saat Pemulihan Setelah Sunat Dewasa

Ada banyak pertimbangan seseorang melakukan sunat ketika sudah besar, terutama terkait masalah kesehatan. Setelah sunat dewasa, sebaiknya beri waktu 10 hari untuk pemulihan.