Apa penyebab demam pada anak ?

WM Info Penanya: WM, Pria, 19 Tahun
Kenapa y anak saya (umur 2 tahun )beberapa minggu ini sering demam?? Berpengaruhkah dr kecapean,angin2an,dan ada yg sedang sakit d rumah?? Pengaruh juga kah dr susah makan ??/kurang minum???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WM.

Demam pada anak merupakan alasan konsultasi tersering ke dokter anak dan dokter umum. Demam merupakan reaksi normal tubuh yang bermanfaat melawan kuman. Definisi demam adalah keadaan suhu tubuh di atas suhu normal, yaitu suhu tubuh di atas 38º Celsius.

Penyebab demam sendiri sangatlah banyak, bisa disebabkan oleh infeksi di semua sistem organ (virus, bakteri, parasit), pasca imunisasi, keadaan tumbuh gigi ataupun dehidrasi/ kekurangan cairan. Dalam proses melawan suatu penyakit, daya tahan tubuh sangatlah berperan penting. Faktor kecapean, susah makan dan minum yang kurang bisa berhubungan dengan daya tahan tubuh, dimana akan mempermudah terjadinya suatu infeksi. Pada anak-anak daya tahan tubuhnya belum optimal, sehingga jika di lingkungan sekitar ada yang sakit anak kecil akan gampang tertular.

Penurunan demam dapat dibantu dengan penggunaan obat penurun panas (antipiretik) seperti paracetamol, terapi fisik (nonfarmakologi) seperti istirahat baring, kompres hangat, dan banyak minum. Penggunaan obat tradisional dengan produk herbal belum terbukti secara ilmiah dapat menurunkan demam, tapi hanya berdasarkan pengalaman semata sehingga perlu dikaji lebih lanjut.

Untuk mengetahui penyebab demam dari keluhan anak anda, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya ke dokter umum atau dokter spesialis anak agar diperiksa secara langsung, sehingga penanganannya tepat.

Selengkapnya tentang demam, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

(maks. 500 karakter)