Apa penyebab demam disertai mual, sakit kepala dan lemas?

PJ Info Penanya: PJ, Wanita, 20 Tahun
Saya mau nanya, ini hari ketiga saya demam. Tapi semalem demam saya tinggi, dan hari ini demam saya juga tinggi ngerasa mual, sakit kepala, lemes bgt juga. Kirakira kenapa ya? Efek masuk angin atau asam lambung naik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PJ,

Demam adalah tanda tubuh mengalami infeksi dapat diketahui dengan mengukur suhu tubuh dan akan didapatkan peningkatan suhu diatas 37,5 derajat celcius. Demam bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan mulai dari infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan seperti diare atau demam tifoid, infeksi saluran kemih, infeksi yang timbul karena gigitan nyamuk seperti demam berdarah atau malaria dan penyebab lainnya.

Keluhan yang timbul juga bisa disertai gejala sesuai infeksi mulai dari sakit kepala, mual dan muntah, sakit perut, diare, sesak napas, batuk dan pilek dan lainnya. Bisa juga dua kejadian timbul bersamaan dimana demam juga timbul karena adanya gangguan pencernaan seperti asam lambung. 

Untuk itu jika demam sudah lebih dari 3 hari perlu dipastikan penyebabnya dengan memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes urine, ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Untuk mengurangi gejala yang timbul perlu cukup istirahat, menjaga asupan makan, minum lebih banyak air putih, mengonsumsi antasida sebelum makan dan minum obat pereda demam seperti parasetamol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fase demam berdarah dengue kerap disebut seperti pelana kuda, demam bisa naik dan turun dalam kurun waktu tertentu

Waspadai 3 Fase Demam Berdarah Dengue agar Tak Celaka

Demam Dengue adalah penyakit mirip flu parah dan menular lewat gigitan nyamuk yang banyak hidup di daerah tropis. Ketika semakin parah, penyakit ini bisa memicu perdarahan dan menjadi demam berdarah Dengue (DBD).