Apa penyebab dari sering kesemutan?

TT Info Penanya: TT, Pria, 19 Tahun
Selamat sore Dok, saya mau nanyaKlo sering kesemutan itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore TT,

Kesemutan adalah sensasi yang dirasakan seperti tertusuk, terbakar ataupun bisa merasakan seperti sulit bergerak atau seperti diselimuti banyak semut berjalan sehingga istilah kesemutan digunakan.

Penyebabnya sendiri bisa beragam seperti tekanan pada satu posisi tertentu sehingga saraf tertekan, adanya trauma atau benturan, aktivitas fisik berlebih atau berulang misalnya pada tangan, kurang asupan mineral, gangguan kesehatan seperti gangguan saraf seperti neuropati, gangguan tulang belakang, penyakit diabetes dan lainnya.

Untuk mengatasi kesemutan perlu dilakukan beberapa pencegahan seperti konsumsi air putih lebih banyak, konsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin B kompleks, vitamin E dan vitamin D, dan juga mineral. Hindari diam pada satu posisi tertentu, lakukan olahraga dan peregangan terutama pada area yang sering mengalami kesemutan. Periksakan pada dokter spesialis saraf jika keluhan tidak membaik agar dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan sistem saraf pusat dapat memicu terjadinya kesemutan di kepala

Jangan Sepelekan Kesemutan di Kepala, Ini Alasannya

Kesemutan di kepala terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Penyebabnya adalah stres, migrain, diabetes, stroke, sinusitis dan lainnya.