Apa penyebab dan penanganan jerawat di wajah ?

LM Info Penanya: LM, Pria, 19 Tahun
Assalamu'alaikum Dok. Sy ingin brtny. Perkenalkan nm sy Lutfia umur 30th. Sy mgalami bny sekali jerwt yg muncul di wajah & muncul bentol2 stlh mkn yg berlemak. Awal perawatan di LBC kulit mulus , kinclong. Stlh itu sy tergiur memakai cream onlend dr bandung yg kt teman sy cream itu aman & sdh di cek lab. Alhasil muka sy tambah kinclong. Namun selang waktu bbrp bln sy berhenti. Timbul lah jerwt & benjolan2 kcl kdg ad air / nanah. Sy sdh ikhtiar kembali ke LBC tp tdk mempan. Nyoba ke Natasha & Dokter kulit jg tdk mempan. Berbagai produk alami jg sdh sy coba. Mgkonsumsi obat gatal juga malah badan sy membengkak. Yg dl nya 55kg skrh 75kg . Obat sy beli di apotik .. nama nya kapsul jambul. Tp tiap minun kapsul ini gatal & benjolan diwajah sdikit brkurang. Klo tdk minum kapsul ini rasanya badan ga enk .. pusing .. istilah jawanya wajah jd "kemranyas". Minta solusinya dok. Apakah yg timbul di wajah sy ini akibat salah cream . Dan bagaimana langkah yg harus sy lakukan biar tdk ktergantungan sm obat. Trimksh Wassalamualaikum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LM.

Keluhan yang anda rasakan kemungkinan penyebabnya adalah jerawat/acne, akne venenata, rosacea dan erupsi akneiformis.

  • Jerawat/ acne adalah reaksi dari penyumbatan pori-pori kulit disertai peradangan yang bermuara pada saluran kelenjar minyak kulit. Sekresi minyak kulit menjadi tersumbat, membesar dan akhirnya mengering menjadi jerawat.
    Penyebab jerawat sangat beragam (multifaktorial): genetik, hormonal, makanan, psikis (stres ), infeksi bakteri, kosmetika, terlalu sering terpapar sinar matahari, bahan kimia (kortikosteroid, pil KB), kurang menjaga kebersihan kulit.
  • Erupsi akneiformis, merupakan kelainan kulit yang menyerupai acne (Jerawat). Penyebab pastinya belum diketahui, namun di curigai berhubungan dengan penggunaan obat (kortikosteroid, INH, barbiturat, yodida, bromida, difenilhidantoin, dll). 
  • Akne venenata. Umumnya tidak gatal, bisa berupa komedo atau papul (bentol kecil), dengan tempat predileksi di tempat kontak zat kimia atau rangsangan fisisnya.
  • Rosasea (dulu: akne rosasea). Merupakan penyakit peradangan kronik di daerah muka dengan gejala eritem (kemerahan), pustul (benjolan kecil isi nanah), Komedo tidak terdapat, faktor penyebab adalah makanan atau minuman panas.

Untuk memastikan diagnosa dan penyebab pasti dari keluhan anda, perlu pemeriksaan lebih lanjut, agar terapi yang diberikan tepat. Sebaiknya ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapat penanganan yang tepat.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan anda :

  1. Berhenti konsumsi kapsul yang anda minum
  2. Rajin membersihkan wajah untuk menghilangkan minyak berlebihan dan kotoran pada wajah, dan selalu bersihkan make up sebelum tidur
  3. Gunakan tabir surya
  4. Gunakan make-up yang non comedogenic
  5. Jangan memencet jerawat
  6. Jangan memegang wajah dengan tangan yang kotor
  7. Hindari dan kelola stress
  8. Konsumsi makanan yang sehat
  9. Tidur yang cukup 6-8 jam pada malam hari.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diare termasuk penyakit yang harus diantisipasi selama musim hujan dan banjir.

Waspada! Ini 5 Penyakit Saat Banjir yang Mengintai Anda dan Keluarga

Selain menghambat aktivitas, banjir juga bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Mulai dari infeksi kulit, diare, hingga hepatitis.