11 Mar 2020, 17:05Penyakit Lainnya

Apa penyebab dan cara mengatasi nyeri pergelangan tangan?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
pagi dok, saya Dwi, saya bekerja sebagai pengemudi ojol, dok.. Mau tanya, jadi belakangan ini saya merasakan nyeri di area pergelangan tangan. Sudah seminggu masih belum hilang, dok. Gimana ya? Soalnya kalau cek ke dokter biayanya lumayan mahal, jadi kalau tidak perlu banget saya tanya dokter di sini saja. Trims dok
16144 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Nyeri di pergelangan tangan bisa disebabkan oleh cedera atau penyakit tertentu. Bisa juga terjadi akibat tekanan dari gerakan yang berulang-ulang. Gejala nyeri di pergelangan tangan bisa berupa nyeri seperti tertarik atau sakit yang tajam seperti tertusuk. Gejala lain yang bisa muncul pegal, kesemutan atau mati rasa di pergelangan tangan, jari-jari tangan membengkak, rasa kaku pada pergelangan tangan atau pangkal jari-jari, pergelangan tangan terlihat kemerahan, bengkak atau memar, muncul benjolan pada pergelangan tangan.

beberapa penyebab nyeri di pergelangan tangan :

1. Cedera

Cedera bisa dikarenakan benturan tiba-tiba, pergelangan dapat mengalami keseleo, retak, tekanan yang berulang seperti tenis, menyetir, memainkan musik seperti biola.

2. Rheumatoid Arthritis

Penyakit yang disebabkan karena gangguan pada sistem imun.

3. Carpal Tunnel Syndrome

Terjadi akibat tekanan pada saraf pergelangan tangan meningkat. Rasa nyeri akan bertambah parah ketika pergelangan ditekuk.

4. Tendinitis

Pembengkakan pada jaringan tendon (jaringan yang mengikat tulang dan otot).Pencegahan yang bisa Anda lakukan menghindari posisi tangan yang salah, misal ketika sedang mengetik pastikan pergelangan tangan pada posisi rileks dan gunakan bantalan pergelangan tangan, kompres dengan es pada area yang nyeri. Bila rasa sakit pada pergelangan tangan sampai menggangu aktivitas sehari-hari, dan muncul mati rasa pada tangan atau pergelangan tangan yang tak kunjung hilang atau tangan berubah warna menjadi pucat atau kebiruan. Sebaiknya kunjungi dokter spesialis tulang untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
tendinitisnyeri pergelangan tanganartritis rheumatoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil