logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo

Kulit & Kelamin

Apa penyebab kulit perih setelah penggunaan produk baru dan bagaimana mengatasinya ?

24 Des 2020, 22:48

AR

Info Penanya: AR

Halo dokter.. selamat malam.. Jadi gini dok.. saya kan baru" ini mencoba produk skincare baru dengan ms glow acne karna kulit saya yang cenderung berjerawat dan mungkin sedikit mengalami kerusakan pada skin barriernya.. dan ternyata ketika beberapa hari mulai menggunakan.. rasanya kulit saya menjadi perih di beberapa bagian dok.. jadi apakah ini normal atau tidak? Dan apa yang harus saya lakukan ya dok? Terimakasih

Dilihat 36075

6 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Pany

(16)

Selamat siang AR,

Produk perawatan wajah berjerawat biasanya memiliki bahan-bahan aktif untuk mencerahkan dan merangsang pembentukan sel-sel kulit yang baru. Pada penggunaan produk perawatan wajah yang baru, terdapat 2 jenis reaksi pada kulit wajah yaitu reaksi purging dan reaksi breakout.

Bruntusan setelah penggunaan produk baru

Purging merupakan kejadian timbulnya jerawat dan komedo atau bruntusan pada bagian kulit yang pernah berjerawat atau komedo. Hal ini dipicu karena adanya proses pengelupasan sel kulit mati sehingga komedo-komedo yang sebelumnya tertimbun kemudian bermunculan di permukaan. Proses purging akan terjadi pada awal penggunaan produk dan bisa berlangsung hingga 4-6 minggu selama penggunaan produk. Wajah akan mulai tampak bersih dan lebih cerah pada penggunaan produk yang rutin.

Sedangkan breakout adalah reaksi iritasi pada kulit wajah karena penggunaan produk. Tanda-tanda breakout adalah dimana tumbuhnya jerawat dan komedo baru di tempat yang sebelumnya belum pernah muncul jerawat atau komedo. Keluhan ini disertai rasa panas dan perih pada kulit. Kulit wajah mengelupas dan menjadi kemerahan. Reaksi break out ini juga bisa dipicu karena terpapar sinar matahari langsung atau penggunaan produk merek lain secara bersamaan.

Penanganan bila terjadi rekasi breakout

Bila terjadi rekasi breakout, sebaiknya produk dihentikan sementara waktu. Anda dapat mengompres wajah dengan air dingin atau es untuk meredakan rasa panas dan kemerahan. Konsultasikan hal ini ke dokter spesialis kulit dan menggunakan produk perawatan sesuai dengan kulit yag sensitif sesuai anjuran dokter.

Lakukan beberapa kegiatan untuk menjaga kesehatan kulit dengan :

  • mengkonsumsi makanan bergizi
  • banyak makan buah dan sayur
  • hindari makanan yang membuat jerawat bertambah banyak atau alergi,
  • perbanyak minum air putih
  • berolahraga rutin 3-4x seminggu.
  • mencuci wajah rutin terutama setelah beraktivitas
  • gunakan sunscreen bila keluar rumah
  • hindari paparan cahaya matahari langsung saat penggunaan produk perawatan.

Semoga bermanfaat,

 

Salam sehat.

dr. Pany CL

perawatan kulitjerawatpengobatan jerawatmasalah kulit

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Dikomentari oleh

AA

16 Sep 2021, 20:02:54

Halo dokter.. selamat malam.. Jadi gini dok.. saya kan baru" ini mencoba produk skincare baru dengan ms glow acne karna kulit saya yang cenderung berjerawat dan mungkin sedikit mengalami kerusakan pada skin barriernya.. dan ternyata ketika beberapa hari mulai menggunakan.. Jerawat saya semakin banyak rasanya kulit saya menjadi perih di beberapa bagian dok.. jadi apakah ini normal atau tidak? Dan apa yang harus saya lakukan ya dok? Terimakasih

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Evelin Kwandang

17 Sep 2021, 15:29:53

Halo AA, adanya bruntusan atas berjerawat pada awal penggunaan skin care tertentu dapat disebabkan oleh purging atau adaptasi kulit. Namun jika keluhan tidak juga membaik dalam 1minggu sebaiknya hentikan penggunaan produk karena dapat semakin menyebabkan iritasi. Salam sehat

Dikomentari oleh

EW

26 Okt 2021, 22:15:28

Halo dok sya kan baru² pake mysas lalu muka sya jdi perih dan merah apa kah pemakaianya dilanjut atau diberhentikan ya dok

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Lidya Hapsari

27 Okt 2021, 18:55:40

Halo EW. JIka wajah sangat perih, merah dan mengelupas, maka hentikan penggunaan. Jika rasa perih masih wajar, ini bisa karena penysuaian dan dapat Anda lanjutkan penggunaannya. Salam sehat.

Dikomentari oleh

T

03 Nov 2021, 12:23:34

Dok saya barusan cuci muka pakai sabun muka kojie san terus selepas muka saya kering saya pakai purbasari pelembab moisturizer yg daily series pipi saya langsung perih di pipi kiri dan kanan,setelah beberapa menit pipi saya tidak perih lagi dok, itu kenapa ya dok?

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Dwiana Ardianti

04 Nov 2021, 06:39:12

Selamat pagi T. Beberapa kemungkinannya bisa disebabkan karena kulit kering, atau terjadi iritasi kulit, terlebih jika kulit Anda tipe kulit sensitif. Dengan menggunakan pelembab, maka kulit menjadi lebih lembab tidak perih. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit jika keluhan ini tidak membaik, ya. Terima kasih, salam sehat.

Dikomentari oleh

NP

02 Feb 2022, 20:15:14

Halo dokter,,selamat mlm. Jadi gini dok,, saya kan baru"ini mencoba produk skincare baru dengan AR Beauty Skin,sebelum.nya blm pernah pakek skincare, kenapa muka saya terasa perih, dan seperti ada panu, apakah itu bahaya dok ??

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Lidya Hapsari

04 Feb 2022, 17:11:37

Selamat malam, NP. Perih setelah menggunakan skincare yang Anda alami bisa karena gejala alergi. Selain alergi bisa pula karena penyesuaian produk terhadap kulit Anda, infeksi jamur, maupun iritasi. Pastikan skincare ada BPOM dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Salam sehat.

Dikomentari oleh

SL

15 Mei 2022, 10:02:11

Hallo dok. Saya mau bertanya jika sebelumnya saya menggunakan skincare prm.namun saya merasa tidak cocok karna timbul jerawat.lalu saya mencoba mengganti skincare dan menggunakan reglow tanpa jeda hari.setelah pemakaian pertama kulit wajah area bibir dan hidung timbul bruntusan. Apakah ini efek tidak cocok atau wajar dok? Terimakasih

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Sarah Fajriah

16 Mei 2022, 06:21:28

Selamat pagi, SL. Bruntus, jerawat, rasa panas dan kemerahan dapat menjadi pertanda ketidak cocokan kulit terhadap salah satu bahan kandungan yang ada dalam di skin care. Jadi hindari memaksakan penggunaan skin care jika muncul gejala tersebut. Jangan lupa untuk memilih skin care sesuai jenis kulit dan tidak mencampur penggunaan skin care asal-asalan ya, karena ada beberapa kandungan skin care yang malah dapat membuat iritasi jika salah penggunaannya. Salam sehat. Terimakasih.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved