24 Dec 2020, 22:48Kulit & Kelamin

Apa penyebab kulit perih setelah penggunaan produk baru dan bagaimana mengatasinya ?

AR
Info Penanya: AR0
Halo dokter.. selamat malam.. Jadi gini dok.. saya kan baru" ini mencoba produk skincare baru dengan ms glow acne karna kulit saya yang cenderung berjerawat dan mungkin sedikit mengalami kerusakan pada skin barriernya.. dan ternyata ketika beberapa hari mulai menggunakan.. rasanya kulit saya menjadi perih di beberapa bagian dok.. jadi apakah ini normal atau tidak? Dan apa yang harus saya lakukan ya dok? Terimakasih
736 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang AR,Produk perawatan wajah berjerawat biasanya memiliki bahan-bahan aktif untuk mencerahkan dan merangsang pembentukan sel-sel kulit yang baru. Pada penggunaan produk perawatan wajah yang baru, terdapat 2 jenis reaksi pada kulit wajah yaitu reaksi purging dan reaksi breakout.

Bruntusan setelah penggunaan produk baru

Purging merupakan kejadian timbulnya jerawat dan komedo atau bruntusan pada bagian kulit yang pernah berjerawat atau komedo. Hal ini dipicu karena adanya proses pengelupasan sel kulit mati sehingga komedo-komedo yang sebelumnya tertimbun kemudian bermunculan di permukaan. Proses purging akan terjadi pada awal penggunaan produk dan bisa berlangsung hingga 4-6 minggu selama penggunaan produk. Wajah akan mulai tampak bersih dan lebih cerah pada penggunaan produk yang rutin.Sedangkan breakout adalah reaksi iritasi pada kulit wajah karena penggunaan produk. Tanda-tanda breakout adalah dimana tumbuhnya jerawat dan komedo baru di tempat yang sebelumnya belum pernah muncul jerawat atau komedo. Keluhan ini disertai rasa panas dan perih pada kulit. Kulit wajah mengelupas dan menjadi kemerahan. Reaksi break out ini juga bisa dipicu karena terpapar sinar matahari langsung atau penggunaan produk merek lain secara bersamaan.

Penanganan bila terjadi rekasi breakout

Bila terjadi rekasi breakout, sebaiknya produk dihentikan sementara waktu. Anda dapat mengompres wajah dengan air dingin atau es untuk meredakan rasa panas dan kemerahan. Konsultasikan hal ini ke dokter spesialis kulit dan menggunakan produk perawatan sesuai dengan kulit yag sensitif sesuai anjuran dokter.Lakukan beberapa kegiatan untuk menjaga kesehatan kulit dengan :
  • mengkonsumsi makanan bergizi
  • banyak makan buah dan sayur
  • hindari makanan yang membuat jerawat bertambah banyak atau alergi,
  • perbanyak minum air putih
  • berolahraga rutin 3-4x seminggu.
  • mencuci wajah rutin terutama setelah beraktivitas
  • gunakan sunscreen bila keluar rumah
  • hindari paparan cahaya matahari langsung saat penggunaan produk perawatan.
Semoga bermanfaat, Salam sehat.dr. Pany CL
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawatmasalah kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil