Benjolan yang menutupi lubang vagina, apakah kista Gartner?

R Info Penanya: R
Hai dok, saya wanita berusia 21 tahun dan belum menikah..Saya ingin bertanya dok, kemaren vagina saya terasa sangat gatal dan saya sering kali menggaruknya, tiba2 di tengah vagina muncul seperti benjolan atau daging tumbuh yang seperti menutupi lubang vagina tersebut, lalu keluar cairan berwarna coklat bening. Kira2 apakah benjolan tersebut berbahaya? Dan bagaimana cara mengatasinya?Terima kasih dok :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Kista Gartner adalah benjolan yang timbul di dalam dinding vagina dan bisa menonjol ke luar vagina, sehingga menutupi lubangnya. Benjolan ini biasanya tidak menimbulkan gejala, dan baru diketahui pada saat pemeriksaan, baik pribadi maupun oleh dokter. Benjolan tersebut biasanya terasa lunak dan berukuran kurang dari 2 cm, tetapi pada kondisi tertentu bisa melebihi ukuran tersebut.

Selain kista Gartner, beberapa hal lain yang dapat menimbulkan benjolan yang menutupi lubang vagina adalah:

Untuk memastikan apakah benjolan yang Anda alami kista Gartner atau bukan, Anda dapat langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat dan meraba langsung benjolan tersebut, serta beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan, misalnya USG.

Apabila benar kista Gartner, maka dokter akan memberikan saran yang sesuai dengan ukuran dan kondisi saat itu. Apabila ukurannya kecil dan tidak mengganggu, maka biasanya akan dipantau terlebih dahulu. Namun, apabila cukup besar, tindakan insisi dan drainase bisa saja dilakukan.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum melakukan perawatan spa vagina, pastikan kebersihan dan kehigienisan tempat spa

Spa Vagina Ternyata Belum Tentu Aman untuk Anda

Jika vagina bisa menjaga kadar pH-nya sendiri, untuk apa repot-repot melakukan perawatan spa vagina yang belum tentu aman? Sama seperti facial, perawatan ratus vagina boleh saja dilakukan asalkan tetap memerhatikan keamanan prosedur.