Apa penyebab dada terasa panas dan sesak?

SS Info Penanya: SS
Saya pria usia 66 th, dada saya terasa panas, seperti ada yg mengganjal, terasa napas agak sesak, ada batuk sedikitKenapa sy dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Penyebab dada terasa panas dan sesak adalah adanya gangguan pada organ di sekitar dada mulai dari gangguan pada pencernaan seperti penyakit asam lambung, gangguan saluran pernapasan seperti infeksi saluran napas, ataupun gangguan organ lain seperti misalnya gangguan jantung, pankreas, hati atau lainnya.

Untuk itu apabila saat ini usia sudah cukup lanjut ada baiknya memeriksakan diri secara langsung pada dokter terlebih jika memiliki riwayat penyakit penyerta seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asma, penyakit paru obstruktif kronik, riwayat sakit maag ataupun riwayat gangguan kesehatan lain. Untuk sementara perhatikan apa yang menjadi pemicunya, makan dengan teratur dan hindari makanan yang memicu iritasi lambung, hindari paparan alergen seperti asap rokok, debu, polusi udara dan lainnya, dan perbanyak minum air putih jika tidak sesak, bisa juga mengonsumsi jahe dan madu untuk mengurangi batuk dan periksakan diri pada dokter.

Jika timbul rasa nyeri menjalar di dada kiri, kesemutan di area lengan, dada dan leher, rasa seperti tertindih beban berat, sesak napas, napas berbunyi, keringat dingin, demam, sampai pingsan maka perlu penanganan segera karena bisa merupakan suatu kegawatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.