Apa penyebab dada sebelah kiri sakit?

AD Info Penanya: AD, Pria
Udah 5 tahun lebih dada sebelah kiri sering sakit....apa itu penyakit jantung....minta solusinya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AD,

Nyeri dada sebelah kiri adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab dimana jantung bisa menjadi salah satunya. Penyebab lainnya adalah seperti gangguan saluran pernapasan baik karena infeksi, kebiasaan merokok, penyumbatan saluran napas seperti asma, gangguan pada organ pencernaan seperti penyakit asam lambung, gangguan pada otot dan sendi di area sekitar dada kiri, dan penyebab lainnya.

Jika sudah 5 tahun mengalami hal demikian, perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya. Dokter akan memeriksa dimulai dengan memberikan sejumlah pertanyaan mengenai kondisi yang timbul, riwayat penyakit, lalu melakukan pemeriksaan fisik. Selain itu juga dokter akan meminta untuk dilakukan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, X-ray. pemeriksaan rekam jantung ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Jika timbul nyeri menjalar di dada kiri, rasa seperti tertindih beban berat, sulit bernapas, timbul suara napas tambahan, keluar keringat dingin, rasa kesemutan di leher dan lengan, kaki bengkak maka perlu segera diperikakan agar mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dada bagian kanan yang terasa sakit bisa menjadi gejala penyakit tertentu

Nyeri Dada Sebelah Kanan, Ada Apa Gerangan?

Nyeri dada sebelah kanan tidak selalu berarti masalah pada jantung. Beberapa penyakit lain seperti stres hingga asam lambung naik bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri pada dada sebelah kanan.