Apa penyebab cinta pertama sulit dilupakan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dok. Sudah 3 bulan percintaan saya berakhir dengan kekasih saya sejak masih SMA. Kami berpacaran 7 tahun lamanya. Hingga saat ini saya belum bisa lupa, kira-kira apa ya penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Cinta adalah perasaan yang sulit dideskripsikan dengan kata-kata, dan hanya bisa didefinisikan dengan rasa. Cinta memiliki makna yang berbeda bagi setiap orang yang mengalaminya. Seseorang yang sedang jatuh cinta akan merasa bahagia dan berbunga-bunga saat perasaannya terbalas, namun bisa seolah jatuh ke lubang yang dalam saat ada masalah.

Terkait hal yang Anda ceritakan, ada beberapa alasan mengapa cinta pertama sulit dilupakan:

  • Cara kerja otak yang lebih mudah mengingat pengalaman pertama (untuk semua hal)
  • Cinta pertama biasanya terjadi saat remaja (seperti Anda pada saat SMA), ketika hormon sedang mencapai puncaknya. Saat jatuh cinta, tubuh akan merespon dengan mengeluarkan hormon oksitosin.
  • Memori-memori yang terekam dalam bagian otak, yang biasanya muncul dengan sendirinya saat mendengar lagu, melihat suatu benda, atau mencium aroma tertentu

Nah, walaupun Anda berpacaran tujuh tahun lamanya, ketahuilah bahwa Anda masih akan menjalani kehidupan lebih dari tujuh tahun. Berusahalah untuk menerima bahwa Anda tak lagi bersama cinta pertama Anda, dan jadikan hal-hal dalam hubungan yang lalu sebagai pembelajaran untuk ke depannya. Jika membutuhkan tempat bercerita, Anda bisa mengobrol dengan orang-orang yang Anda percaya, atau berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater.

Tanamkan pikiran dalam diri Anda bahwa kelak, Anda pasti bisa merasakan perasaan-perasaan yang sama, atau bahkan jauh lebih menyenangkan daripada saat ini. Fokuslah kepada diri Anda dan kembangkan diri Anda, hingga akhirnya tiba kesempatan untuk menjalin cinta yang baru.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan hormon pada pria dapat menyebabkan pembengkakan payudara

Apa yang Menyebabkan Gangguan Hormon pada Pria?

Gangguan hormon pada pria memiliki berbagai penyebab dan akibat. Salah satu akibatnya adalah pembengkakan payudara atau ginekomastia.