Apa penyebab buang air kecil sedikit-sedikit dan keputihan?

DP Info Penanya: DP, Pria, 19 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya, Saya sering buang air kecil sedikit sedikit tapi sakit dan keputihan saya begitu bnyak, apakah tanda tanda berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, DP

 

Sering BAK (Buang Air Kecil) merupakan hal yang umum terjadi yang biasanya berkaitan dengan air mineral yang dikonsumsi, namun selain itu juga  bisa disebabkan oleh :


- ISK atau infeksi saluran kemih. Selain sering BAK, urin yang keluar saat BAK jumlahnya hanya sedikit-sedikit, terasa perih saat BAK, rasa tidak puas setelah BAK, seperti masih ingin BAK  dan tidak bisa menahan BAK Keluhan ini juga dapat disertai dengan nyeri perut bawah, nyeri pinggang dan demam.


- Batu saluran kemih. Keluhan dapat berupa BAK sedikit sedikit dan ada rasa nyeri pada pinggang


- Diabetes. Hal ini diakibatkan adanya perubahan regulasi berkemih pada tubuh penderita diabetes yang menyebabkan penderitanya akan lebih sering BAK. Pada diabetes, seseorang akan mudah haus sehingga memicu sering BAK


- Sedang mengonsumsi obat-obatan diuretik atau obat yang mengeluarkan cairan. Pada pasien penyakit ginjal atau darah tinggi biasanya mendapatkan obat ini untuk membantu mengurangi kelebihan cairan dari tubuh, sehingga orang yang mengkonsumsi akan lebih sering BAK.


- Sedang hamil. Posisi rahim yang membesar dan janin dapat menekan kandung kemih sehingga anda seseorang akan lebih sering BAK.

Jika anda aktif secara seksual, keluhan ini dapat disebabkan oleh infeksi akibat berhubungan seksual yang menyebabkan nyeri pada saat BAK dan diikuti oleh keluarnya keputihan

Saya sarankan anda ke dokter spesialis urologi agar diperiksa secara langsung dan diberikan pengobatan yang sesuai.

Untuk mengurangi keluhan ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti:
- Mengobati penyakit yang mendasari. Apabila keluhan BAK sering ini disebabkan oleh penyakit tertentu, maka dengan mengobati penyakit sampai tuntas dapat menghilangkan keluhan anda saat ini.


- Menghindari konsumsi teh, kopi, makanan manis karena dapat menyebabkan BAK anda lebih sering.


- Minum 2L perhari agar mencegah anda terkena infeksi saluran kemih dan penyakit ginjal

- Komunikasikan dengan pasangan seksual anda perihal keluhan anda ketika hendak berhubungan intim untuk mengurangi nyeri.

 

 Jika anda merasakan beberapa hal seperti :

- Demam

- Nyeri perut 

- Nyeri pinggang

- Keputihan banyak dan berbau

Saya sarankan jangan ragu untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang seperti pemeriksaan rontgen dan pemeriksaan urin untuk mengetahui penyebab pasti sehingga dapat memberikan pengobatan yang tepat.

 

Salam sehat

dr. Karlina Lestari

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.