Apa penyebab buah zakar terasa nyeri?

ST Info Penanya: ST
Siang dok. Sudah 2 Hari saya merasakan sakit pada area testis.itu penyebabnya apa yah dok dan bagai mna cara menyembuhkannya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore ST,

Nyeri pada testis adalah gejala yang perlu diwaspadai karena bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti peradangan pada testis karena infeksi, adanya hernia, testis yang terpuntir ditandai dengan nyeri hebat yang mendadak dan merupakan suatu kegawatan yang perlu segera ditangani, pelebaran pembuluh darah vena atau varikokel, adanya cairan di kantung buah zakar atau hidrokel dan penyebab lainnya.

Perhatikan ada tidaknya benjolan atau pembengkakan di buah zakar, demam, keluhan saat buang air kecil, adanya darah pada urine atau sperma untuk membantu dokter menentukan penyebabnya. Segera periksakan pada dokter atau dokter spesialis urologi agar diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. 

Letakkan kaki lebih tinggi dari badan, kompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat atau dingin, gunakan pakaian yang tidak ketat, hindari mengangkat beban dan konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk mengurangi rasa sakit yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidrokel pada bayi merupakan kondisi umum dan dapat hilang sendiri tanpa perawatan

Mengenal Kondisi Hidrokel pada Bayi dan Tanda Bahayanya

Hidrokel adalah pembengkakan skrotum akibat penumpukan cairan pada lapisan pembungkus testis. Skrotum tampak membesar, tanpa disertai nyeri. Gejala hidrokel ditandai adanya pembengkakan pada testis. Hidrokel tidak berbahaya, jika tidak disertai dengan hernia.