Apa penyebab bintik merah di kelamin?

PS Info Penanya: PS, Pria
Dok saya mengalami gejala Bintik putih diawal pada kelamin dan mengeluarkan selaput putih seperti tissue terkena air dan bau,, setelah berberapa hari dibersihkan sekarang menjadi bintik merah tapi tidak ada luka nyeri sakit apapun yang saya alami hanya bintik merah,, ciri penyakit apa yang saya dapat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PS,

Bintik putih dengan lapisan/selaput di atasnya yang berubah menjadi bintik merah bisa disebabkan oleh :
  1. Sifilis. Pada penyakit ini didapatkan semacam sariawan pada kemaluan yang tidak menimbulkan gejala nyeri ataupun gatal samasekali dan dapat sembuh sendiri dalam beberapa minggu, namun sebenarnya hal ini bukanlah sembuh total, melainkan hanya membaik untuk waktu sementara saja dan akan kembali kambuh beberapa waktu kemudian dan menular akibat berhungan seksual. Penyakit ini tidak menimbulkan rasa nyeri namun merupakan salah satu penyakit menular seksual yang sangat berbahaya.
  2. Abses. Adanya infeksi dapat menimbulkan benjolan merah namun disertai dengan nyeri, pembengkakan dan badan terasa demam.
  3. Dermatitis.

Hal yang harus Anda lakukan adalah segera melakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut berulang kembali adalah :
  1. Hindari berganti-ganti pasangan seksual.
  2. Gunakan kondom saat berhubungan seksual.
  3. Hindari berhubungan seksual selama masa pengobatan.

Sekian yang dapat saya sampaikan.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Chancroid atau ulkus mole merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan infeksi bakteri

4 Penyakit Menular Seksual Ini Dapat Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri

Penyakit menular seksual adalah penyakit yang secara khusus menyerang alat kelamin dan ditularkan melalui hubungan seksual. Beberapa penyakit menular seksual akibat infeksi bakteri, antara lain chancroid (ulkus mole), klamidia, gonorrhea, dan sifilis.