13 Oct 2021, 13:50Gigi & Mulut

Apa penyebab bibir sumbing pada bayi?

B
Info Penanya: B0
Dok, anak teman saya lahir dalam kondisi bibir yang sumbing. Apa penyebab bibir sumbing pada bayi baru lahir? Apakah kelainan ini disebabkan peyakit turunan? Lalu bagaimana cara mengatasi kalo sudah terlanjur sumbing dan menghindari agar bayi lahir dalam kondisi bibir yang normal dan sehat?
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo B,Bibir sumbing merupakan sebuah kelainan pada pembentukan tubuh yang kurang sempurna saat proses kehamilan. Kelainan perkembangan janin di dalam kandungan ini dapat terjadi karena gen dari orang tua, maupun karena kondisi kehamilan seperti kekurangan asam folat dan adanya paparan rokok atau alkohol. Untuk penanganan bibir sumbing, caranya adalah dengan melakukan tindakan operasi bibir.

Mengatasi bibir sumbing

Operasi dapat dilakukan oleh dokter bedah mulut, dengan melakukan perbaikan celah bibir, hingga perbaikan celah pada langit-langit mulut jika sumbing terjadi hingga ke rahang atas yang tidak menutup sempurna. Perlu Anda ketahui, setelah dilakukan tindakan operasi, pastikan kebersihan mulut anak terjaga agar tidak terjadi proses infeksi sehingga proses penyembuhan luka dapat sempurna.

Mencegah bibir sumbing

Untuk menghindari terjadinya bibir sumbing, yang dapat Anda lakukan adalah jika Anda memiliki riwayat bibir sumbing, konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum program hamil, konsumsi asam folat dan vitamin kehamilan secara teratur, dan hindari konsumsi alkohol serta hindari rokok selama kehamilan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
menjaga kehamilanperkembangan janinbibir sumbing
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil