Apa penyebab bibir pecah-pecah?

FI Info Penanya: FI, Pria, 21 Tahun
Penyebab keseringan bibir pecah-pecah dan pucat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FI,

Penyebab bibir pecah-pecah adalah seperti kurang asupan cairan atau kurang minum air putih, reaksi alergi akibat paparan produk kecantikan seperti lipstick, alergi makanan, peradangan kulit bibir atau dermatitis, kebiasaan menggigit atau membasahi bibir dengan dijilat ataupun penyebab lain.

Untuk mengatasinya perlu diperhatikan beberapa cara.

Yang perlu diperhatikan adalah seperti minum lebih banyak air, menggunakan pelembap bibir seperti petroleum jeli, atau menggunakan bahan alami seperti madu, minyak kelapa atau lidah buaya, hindari mencabut kulit bibir yang kering dan pecah-pecah, hindari produk yang memicu alergi dan hindari kebiasaan menjilat bibir, serta hindari kebiasaan seperti merokok atau mengonsumsi makanan pedas.

Jika keluhan tidak juga membaik, periksakan diri pada dokter untuk menilai apa yang menjadi penyebabnya juga apakah berkaitan dengan keluhan pucat yang timbul. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diare sering memicu timbulnya dehidrasi dan tidak memiliki cairan tubuh yang diperlukan

Inilah Cara Tepat Menghindari Dehidrasi saat Diare

Diare dan muntah yang terjadi dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi pada saat diare, minum banyak air adalah prioritas utama.Agar tidak merusak organ ginjal.