Apa penyebab bibir hitam sejak lahir?

F Info Penanya: F, Wanita, 28 Tahun
Pagi dok, saya merasa sudah merawat bibir saya dengan baik sejak muda. Tapi kenapa ya dok, warnanya tetap gelap seperti perokok? Apa sih penyebab bibir hitam sebenarnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

Warna bibir yang hitam dapat merupakan keadaan yang alami maupun didapat seiring berjalannya waktu. Pada dasarnya warna bibir seeprti halnya warna kulit berhubungan dengan zat pewarna tubuh yang disebut dengan pigmen melanin. Sehingga apabila pada seseorang dengan kadar pigmen melanin tinggi, maka akan memiliki kecenderungan berkulit lebih gelap begitu pula dengan warna bibirnya yang cenderung hitam. Dengan kata lain, hal tersebut terjadi karena faktor genetik yang dibawa sejak lahir.

Namun demikian, terdapat berbagai faktor lainnya yang dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi pada bibir seperti kebiasaan merokok, konsumsi kafein berlebih, paparan sinar matahari berlebih, hingga obat-obatan dan kondisi medis tertentu.

Adapun beberapa cara alami untuk membantu mengatasi bibir hitam yang meliputi :

  • mengoleskan buah lemon pada bibir langsung, atau dicelupkan pada gula terlebih dahulu 
  • mencampuran jeruk nipis, madu dan gliserin lalu diaplikasikan pada bibir
  • mengaplikasikan gel lidah buaya
  • mengoleskan bubuk kunyit dan susu

Agar dapat bekerja dengan maksimal upaya untuk menggunakan bahan alami pemerah bibir tersebut perlu diimbangi dengan menghindari faktor pencetusnya. Ada baiknya untuk tidak mengonsumsi kafein berlebih, senantiasa menggunakan lip balm yang mengandung pelindung terhadap radiasi sinar UV matahari jika bepergian, dan mengurangi penggunaan zat kimia berlebih seperti yang terkandung pada make up.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kedutan di pipi kiri bisa diakibatkan adanya kerusakan pada saraf, tumor, ataupun kondisi medis lainnya.

Apa Arti Kedutan Pipi Kiri?

Kedutan pipi kiri adalah gangguan sistem saraf yang terjadi pada salah satu bagian wajah secara tidak sadar karena pembuluh darah yang menyentuh saraf di bagian wajah.